Sunday, 15 December 2019

Pipa PAM Jebol di Cipinang Melayu

Jumat, 10 Februari 2017 — 19:36 WIB
Luapan air akibat pipa air bersih yang jebol terkena proyek Becakayu. (Ifand)

Luapan air akibat pipa air bersih yang jebol terkena proyek Becakayu. (Ifand)

JAKARTA  (Pos Kota) – Untuk kesekian kalinya, proyek pembangunan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (becakayu), menghancurkan pipa penyaluran air bersih. Kali ini, pipa saluran air bersih di wilayah RW 03 Kelurahan Cipinang Melayu, Makasar, Jakarta Timur, jebol.

Akibat jebolnya pipa, pasokan air bersih ke warga mengalami kendala. Tak hanya itu, air dari bocoran pipa menyeret tanah proyek ke saluran penghubung (Phb) Sulaeman dan menyumbat aliran tersebut.

Ketua RW 03 Cipinang Melayu, Muchtar mengatakan, jebolnya pipa terjadi sekitar pukul 13:30 usai pelaksanaan salat Jumat. Saat itu, air langsung menyembur dari balik paku bumi yang tengah dipasang pekerja. “Airnya nyembur banyak sekali. Saya banget dibuang-buang begitu,” katanya, Jumat (10/2).

Menurutnya, dengan bocornya pipa membuat air tumpah ke saluran phb Suleman. Daerahnya yang merupakan kawasan rawan tergenang dikhawatirkan menimbulkan masalah baru bila tak segera diperbaiki. “Harapannya segera diperbaiki, karena kalau nanti hujan, tanah yang terbawa air bocoran memperparah keadaan,” ujar Muchtar.

Terkait jebolnya pipa, Manajer Komunikasi PT Aetra Air Jakarta, Rika Anjulika mengatakan, peristiwa itu diketahui pihaknya sekitar pukul 15.00. Petugasnya pun langsung diterjunka ke lokasi dan rencananya perbaikan akan dilakukan pada Jumat (10/2) malam. “Ada bagian pipa kita yang pecah terkena tiang pancang. Ini kejadian yang kelima kali pipa kita terdampak proyek,” keluhnya.

Menurut Rika, pipa yang jebol itu berdiameter 300 sentimeter. Diakuinya, perbaikan akan berdampak mengecilnya volume aliran ke 720 pelanggan di Kelurahan Cipinang Melayu dan Cipinang Besar Utara. “Perbaikan mungkin butuh waktu sekitar lima jam. Paginya layanan kita jamin kembali normal,” tandasnya. (Ifand).

Terbaru

Menteri Kelautan dan perikanan menyerahkan penghargaan pada  para pemenang kegiatan Hari Ikan Nasional ke-6 tahun 2019.(ist)
Minggu, 15/12/2019 — 11:33 WIB
Lewat Kampanye Gemar Makan Ikan
Menteri KKP Ajak Ibu-Ibu PKK Berperan dalam Pemberantasan Stunting
Dirut BPJAMSOSTEK Agus Susanto didampingi PPS Deputi Direktur Bidang HUmas dan Antar Lembaga M. Erfan.(tri)
Minggu, 15/12/2019 — 10:55 WIB
Disalurkan Melalui Baznas
Dana Registrasi Relay Marathon BPJAMSOSTEK untuk Melindungi Pekerja Rentan