Wednesday, 11 December 2019

RSUD Pasar Minggu Sediakan Pengurusan Akta Lahir Gratis

Jumat, 10 Februari 2017 — 21:30 WIB
Dirut RSUD Pasar Minggu, Theodora Carolina Kawinda. (Rachmi)

Dirut RSUD Pasar Minggu, Theodora Carolina Kawinda. (Rachmi)

JAKARTA (Pos Kota) – Mendukung pelayanan publik prima, RSUD Pasar Minggu Jakarta Selatan, menyediakan layanan pengurusan akta lahir gratis bagi warga DKI Jakarta.

Sejak Januari 2016 hingga pertengahan Februari 2017, RSUD perdana di Jaksel ini menerbitkan  sekitar 700 akta lahir untuk bayi yang baru lahir.

“Kami mengenjot inovasi terkait layanan publik, salah satunya dengan mencetak akta lahir bagi setiap bayi yang lahir di RSUD Pasar Minggu, syaratnya ortu harus ber-KTP DKI Jakarta,” kata Direktur Utama RSUD Pasar Minggu, Theodora Carolina Kawinda, Jumat (10/2).

Untuk layanan tersebut, pihak RSUD bekerjasama dengan Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jaksel. Setiap hari ada petugas dari Sudin Dukcapil yang standby untuk mengurus pembuatan akta lahir.

Carolina menambahkan pihaknya langsung mengirim data bayi yang baru lahir ke Sudin Dukcapil Jaksel. Selanjutnya saat bayi akan keluar dari RS, petugas akan menyerahkan akta lahir ke orangtua. “Jadi begitu bayi pulang dengan sendirinya sudah memiliki akta lahir,” tutur Carolina.

Dikatakan dari sekitar 700 akta lahir yang diterbitkan, di antaranya 575 akta yang diproses dan dicetak pada 2016. (Rachmi/win)