Tuesday, 19 November 2019

Dinas Pemadam Kebakaran Depok Butuh Mobil Tangga

Senin, 20 Februari 2017 — 8:31 WIB
Kepala DPKPKD Depok Yayan Ariyanto bersama Walikota Depok Muhammad Idris saat menerima penghargaan penangganan kebakaran beberapa waktu lalu. (anton)

Kepala DPKPKD Depok Yayan Ariyanto bersama Walikota Depok Muhammad Idris saat menerima penghargaan penangganan kebakaran beberapa waktu lalu. (anton)

DEPOK (Pos Kota) – Mengantisipasi kebakaran yang terjadi gedung berlantai di atas 24 hingga 32 yang bakal terus bertambah, jajaran Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok (DPKPKD) membutuhkan mobil tangga yang dapat mengatasi masalah tersebut.

“Kami memang tengah mengusulkan dan mengajukan penyediaan mobil tangga pemadam kebakaran yang dapat mengatasi musibah kebakaran di gedung perkantoran maupun apartemen yang diperkirakan kurun waktu beberapa tahun mendatang jumlah gedung tersebut mencapai 50 unit,” kata Kepala DPKPKD Yayan Ariyanto.

Sampai saat ini memang Kota depok belum memiliki mobil tangga yang dapat menanggani kebakaran di ketinggian sekitar 55 meter hampir seluruh kendaraan damkar yang ada masih biasa dilengkapi selang saja, ujarnya yang berharap usulan yang diajukan untuk tahun 2017 sebesar Rp 33 miliar diharapkan disetujui sebagai antisipasi kebakaran di gedung bertingkat atau lainnya.

Data yang diperoleh dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Depok ke depan wilayah Kota Depok yang memiliki 11 kecamatan bakal memiliki sekitar 50 gedung bertingkat minimal 24 hingga 32 lantai sehingga sejak sekarang memang sangat dibutuhkan. Terlebih kantor Balaikota Depok saja sudah memiliki lebih 10 lantai yang tentunya sangat membutuhkan kendaraan tersebut.

Untuk kasus kebakaran di Kota Depok, imbuh dia, data yang ada tahun 2016 mencapai 278 kasus kebakaran dan kebanyakan penyebab utama kebakaran di lingkungan masyarakat adalah korsleting litrik serta tabung gas yang meledak dengan korban jiwa mencapai delapan orang.

(anton/sir)