Sunday, 15 December 2019

Peternak Sapi Lenteng Agung Mendapat Edukasi Soal Limbah

Senin, 20 Februari 2017 — 18:09 WIB
Kandang sapi di Jln H. Mahjur Gang 100 RT 13/01 Lenteng Agung, Jagakarsa, Jaksel yang sebagian kotorannya mencemari Taman Jagakarsa. (Rachmi)

Kandang sapi di Jln H. Mahjur Gang 100 RT 13/01 Lenteng Agung, Jagakarsa, Jaksel yang sebagian kotorannya mencemari Taman Jagakarsa. (Rachmi)

JAKARTA (Pos Kota) –  Peternak sapi di Jalan H. Mahjur Gang 100 RT 13/01 Lenteng Agung, Jagakarsa, mendapat tambahan ketrampilan  untuk membangun penampungan limbah.  Selama ini, limbah kotoran sapi itu mencemari Taman Jagakarsa di kawasan tersebut dan ini dikeluhkan warga.

Pemberian tambahan ketrampilan dan pengetahuan itu dilakukan oleh Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan.

Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jaksel, Yuli Absari menjelaskan pihaknya memberi sosialisasi kepada 2 peternak sapi supaya merenovasi penampungan limbah yang bertingkat. Secara periodik mengangkat limbah padatnya supaya tidak mengalir ke bawah, di antaranya Taman Jagakarsa.

“Kami sifatnya mengedukasi, jadi belum ada sanksi. Karena awalnya tanah di bawah yang tercemar itu dulunya kebon kosong. Jadi harus bertahap untuk melakukan perubahan seraya tetap dipantau,” kata Yuli, Senin (20/1).

Sebelumnya Pos Kota memberitakan warga dan pengunjung Taman Jagakarsa mengeluhkan kondisi fasilitas publik itu bau karena sejak setahun terakhir menjadi tempat pembuangan limbah kotoran sapi. Kandang sapi berada sekitar 15 meter di atas Taman Jagakarsa, sehingga menyebabkan kotoran sapi menumpuk di tebing.

Camat Jagakarsa, Abdul Chalik mengatakan peternakan sapi tersebut dikelola dua keluarga secara turun menurun.  “Kami sudah menemui kedua pemilik peternakan sapi itu dan mereka justeru minta dibimbing untuk pembuatan pembuangan limbah sapi sehingga tidak mencemari lingkungan,” ujarnya. Terkait hal tersebut Abdul Chalik akan berkordinasi dengan Suku Dinas Lingkungan Hidup Jaksel.

Sementara itu Lurah Lenteng Agung, Satia menambahkan petugas PPSU dikerahkan untuk membersihkan limbah kotoran sapi seraya mengingatkan pemilik supaya tetap menyediakan pembuangan limbah. (Rachmi/win)

Terbaru

Menteri Kelautan dan perikanan menyerahkan penghargaan pada  para pemenang kegiatan Hari Ikan Nasional ke-6 tahun 2019.(ist)
Minggu, 15/12/2019 — 11:33 WIB
Lewat Kampanye Gemar Makan Ikan
Menteri KKP Ajak Ibu-Ibu PKK Berperan dalam Pemberantasan Stunting
Dirut BPJAMSOSTEK Agus Susanto didampingi PPS Deputi Direktur Bidang HUmas dan Antar Lembaga M. Erfan.(tri)
Minggu, 15/12/2019 — 10:55 WIB
Disalurkan Melalui Baznas
Dana Registrasi Relay Marathon BPJAMSOSTEK untuk Melindungi Pekerja Rentan