Monday, 16 December 2019

Messi Jadi Pahlawan, Barca Kalahkan Atletico Madrid 2-1

Senin, 27 Februari 2017 — 0:35 WIB
Lionel Messi (reuters)

Lionel Messi (reuters)

SPANYOL– Lionel Messi kembali jadi pahlawan Barcelona saat mengalahkan tuan rumah Atletico Madrid 2-1 dalam lanjutan Liga Spanyol di Vicente Calderon, Minggu (26/2/2017) malam WIB.

Dengan kemenangan ini Barca sementara bisa melewati Real Madrid dan berada di puncak klasemen dengan mengemas 54 poin atau berselisih dua dengan musuh abadinya itu. Hanya saja Madrid bisa kembali ke puncak jika Senin dinihari nanti mampu mengatasi tuan rumah Villarreal.

Kedua gol Barca diciptakan oleh Rafinha pada menit ke-64 dan Messi menit ke-86. Sedangkan gol balasan Atletico Madrid dicetak Godin pada menit ke-70.

Kekalahan ini menambah derita Simeone, pelatih Atletico karena sebelumnya Barca juga menggusur Atletico dari ajang Copa del Rey.

Sejak menit awal kedua tim bermain terbuka. Hanya saja bola lebih banyak berukat di lapangan tengah. Babak pertama sebetulnya tuan rumah beberapa kali menciptakan peluang

Seperti pada menit ke-27, Griezmann nyaris menciptakan gol ke gawang Barcelona. Sayang tembakan keras pemain Prancis itu masih sanggup ditepis oleh Ter Stegen.
Hingga babak pertama usai kedudukan tetap 0-0.

Memasuki babak kedua, Barca berusaha menekan. Hanya saja beberapa kali Messi, Suarz dan Neymar seperti kehilangan gairah dan tidak banyak mengancam gawang Oblak.

Akhirnya pada menit ke-64 Rafael Alcântara atau Rafinha mampu memecah kebuntuan. Awalnya Suarez melepaskan tembakan ke arah gawang Atletico namun diblok oleh Godin. Rafinha kemudian memanfaatkan kemelut di kotak penalti Atletico. Sepakan sang gelandang ini meluncur deras ke sisi kiri gawang. Oblak sudah meregangkan kakinya, namun bola tetap bersarang di jalanya.

Berselang enam menit tepatnya pada menit ke-70 tuan rumah menyamakan kedudukan lewat Godin yang memanfaatkan tendangan bebas Koke. Tandukan kencang Godin gagal ditepis oleh Ter Stegen. Kedudukan 1-1 pertandingan semakin menarik.

Sepertinya kedudukan akan berakhir imbang. Namun pada menit ke-86 Messi tampil jadi pahlawan menciptakan gol kemenangan Blaugrana. Gol itu tercipta ketika umpan tarik Suarez diteruskan oleh Messi melalui sepakan first time, namun Savic berhasil memblok bola. Si kulit bulat ternyata kembali ke kaki La Pulga, yang langsung menjaringkan bola ke gawang.

Sisa waktu normal termasuk tambahan empat menit tidak mampu dimanfaatkan tuan rumah untuk menyamakan kedudukan. Dan Barcelona pun membawa tiga poin dari Vicenta Caledron. Hasil ini membuka peluang mempertahan kan gelar juara La Liga. (B)