Friday, 15 November 2019

Tempat Kremasi Jenazah Raja Bhumibol Adulyadej Mulai Dibangun

Senin, 27 Februari 2017 — 14:46 WIB
Grand Palace, Bangkok, Thailand, tempat jenazah Raja Bhumibol Adulyadej disemayamkan sebelum dikremasi. (reuters)

Grand Palace, Bangkok, Thailand, tempat jenazah Raja Bhumibol Adulyadej disemayamkan sebelum dikremasi. (reuters)

THAILAND – Upacara pemberkatan pembangunan tempat kremasi jenazah Raja Bhumibol Adulyadej dilangsungkan di Bangkok, Senin (27/2/2107). Acara ini, dihadiri sejumlah petinggi militer dan pejabat penting Thailand.

Sebagai pemimpin upacara pemberkatan adalah Perdana Menteri (PM) Prayut Chan-O-Cha, yang merupakan mantan Kepala Angkatan Bersenjata Thailand yang mengambil alih kekuasaan pada 2014.

Dilansir AFP kerangka bangunan tempat kremasi, disusun setinggi lebih dari 50 meter untuk sebagai penyimbolan Gunung Meru yang merupakan pusat alam semesta dalam keyakinan Budha dan Hindu. Tumpukan tersebut dikelilingi sembilan pilar yang dihiasi dengan patung-patung binatang yang terdapat dalam mitologi di negeri itu.

Nantinya, jasad Bhumibol akan ditempatkan di bagian tengah bangunan tersebut, sebelum api dinyalakan. Kremasi diyakini menjadi cara pengantaran arwah kembali ke Gunung Meru.

“Lokasi kremasi akan dibangun seperti layaknya istana di Gunung Meru,” ungkap Jenderal Thanasak Patimaprakorn yang hadir di prosesi pemberkatan.

Sayangnya, belum diumumkan kapan upacara yang kabarnya menghabiskan miliar rupiah ini akan dilakukan. Namun, menurut pejabat setempat, kremasi dilakukan setelah masa berkabung satu tahun berakhir yaitu Oktober atau Novembe 2017.

Semasa hidupnya, Raja Bhumibol telah menjadi raja yang berkuasa paling lama di dunia, hingga kematiannya pada bulan Oktober lalu. Dia memerintah selama tujuh dekade, dan kepergiannya telah menyebabkan masa depan Thailand semakin tak pasti. Sebab, penggantinya Maha Vajiralongkorn tak dikenal dengan baik oleh publik.

Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej, meninggal dunia Kamis, 13 Oktober 2016, pada usia 88 tahun, akibat penyakit yang dideritanya beberapa tahun belakangan sebelum kematiannya. (embun)

 

Terbaru

MRT melintas di tengah ibukota Jakarta. (toga)
Jumat, 15/11/2019 — 9:09 WIB
Apartemen Disiapkan di 5 Kawasan Stasiun Transit
ilustrasi
Jumat, 15/11/2019 — 9:09 WIB
Diintimidasi Jaksa? Laporkan!
Dimas Anggara dan Nadine Chandrawinata. (instagram)
Jumat, 15/11/2019 — 8:57 WIB
Dimas Suka Pedas, Nadine Tanah Pohon Cabei
gebyar karya pertiwi
Jumat, 15/11/2019 — 8:32 WIB
Gebyar Karya Pertiwi 2019 Dipadati Pengunjung