Tuesday, 12 November 2019

Banjir dan Longsor, 4 Orang Tewas 8 Mobil Tertimbun

Jumat, 3 Maret 2017 — 22:35 WIB
Longsor dan banjir memutuskan jalan lintas Riau-Sumbar (Facebook @Pemadam Kebakaran Payakumbuh)

Longsor dan banjir memutuskan jalan lintas Riau-Sumbar (Facebook @Pemadam Kebakaran Payakumbuh)

JAKARTA (Pos Kota) -Banjir dan tanah longsor melanda Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar). Akibat musibah yang dipicu hujan deras itu empat warga menjadi korban dan juga beberapa kendaraan.

“Hujan deras sejak Kamis (2/3) dan masih terjadi sampai saat ini,” kata Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangannya, Jumat (3/3/2017).

Setidaknya delapan mobil tertimpa tanah longsor dan empat orang dikabarkan meninggal. “Delapan mobil yang tertimpa longsor di KM 17 Koto Alam, Kecamatan Pangkalan,” tambah Sutopo. Jalan tempat terjadinya musibah merupakan penghubung Sumbar dengan Riau.

Akibat banjir dan tanah longsor jalan negara yang menghubungkan Sumbar-Riau terputus karena ada 9 titik lokasi longsor di wilayah Kecamatan Pangkalan. Di Kabupaten Lima Puluh Kota terdapat 13 titik longsor.

Saat ini, BPBD Lima Puluh Kota bersama dengan polisi, TNI, dan Basarnar, sedang membersihkan material longsor. “Kita sedang melakukan pencarian dan evakuasi korban serta delapan mobil yang tertimpa longsor,” katanya.(us)