Friday, 18 October 2019

DKI Masih Kurang 14 Bus Transjakarta Layani Kaum Difabel

Jumat, 3 Maret 2017 — 12:57 WIB
Gubernur DKI Ahok menyaksikan penyerahan Bus Transjakarta di Balaikota DKI. (ikbal)

Gubernur DKI Ahok menyaksikan penyerahan Bus Transjakarta di Balaikota DKI. (ikbal)

JAKARTA (Pos Kota) – DKI Jakarta membutuhkan sekurangnya 40 armada Transjakarta Care untuk melayani kaum difabel. Sebelumnya PT Transjakarta hanya memiliki 6 unit armada. Namun hari ini, PT Transjakarta telah menerima sumbangan 20 unit dari Tahir Foundation.

Sehingga total Transjakarta Care yang akan melayani warga penyandang disabilitas ada 26 unit, kurang kurang 14 armada untuk memenuhi target tersebut.

“Dulu hanya ada enam unit. Sekarang ada total 26 unit. Kalau berdasarkan studi kelayakan kita butuh 40 unit agar semakin efektif melayani. Dengan adanya 26 unit ini, maka kami harapkan bisa semakin banyak kaum difabel bisa menikmati layani ini,” kata Direktur Utama PT Transjakarta, Budi Kaliwono di Balaikota DKI, Jakarta, Jumat (3/3/2017).

Budi menjelaskan keenam armada yang dimiliki sebelumnya mampu mengangkut sebanyak 40 penumpang per hari. Sudah ada 500 pelanggan yang telah menikmati pelayanan Transjakarta Care selama empat bulan beroperasi.

Menurutnya, tahun ini akan fokus untuk meningkatkan pelayanan dengan 26 armada tersebut. Namun Budi tetap membuka untuk pihak swasta lain yang berniat menyumbang. 1

“Tahun ini saya mau optimalisasikan yang 26 unit ini dulu. Makanya saya berterima kasih pada Yayasan Tahir Foundation yang telah dua kali membantu kami, memberikan lima bus tingkat dan 20 unit Transjakarta Care. Tapi sekarang, kita fokus sama yang ini dulu,” tandas Budi.

Dengan adanya penambahan armada, ujar Budi, pihaknya membuka kemungkinan menambah jam operasional Tranjakarta Care hingga pukul 22.00 wib yang sebelumnya dimulai pukul 08:00 hingga 17:00.

“Operasinya dari Jam 8 sampai jam 5 sore. Tapi dengan adanya penambahan armada sebanyak 26 unit kita lebih mudah bergeraknya. Makanya kita akan jajaki sampai jam 10 malam beroperasi,” jelas Budi.

Sumbangan secara simbolis oleh Tahir Foundation diserahkan ke PT Transjakarta di Pendopo Balai Kota Jakarta disaksikan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Transjakarta Care merupakan layanan untuk penyandang disabilitas dapat memesan mobil Transjakarta Care dengan cara menghubungi call center 1500102 atau SMS ke 081111545001. Penjemputan dilakukan di lokasi awal pelanggan untuk diantar ke halte Transjakarta yang ramah difabel terdekat.

(ikbal/yulian/sir)