Monday, 21 October 2019

Korut Klaim Serangan Jantung Penyebab Tewasnya Kim Jong-nam

Jumat, 3 Maret 2017 — 14:46 WIB
Almarhum Kim Jong-Nam (reuters)

Almarhum Kim Jong-Nam (reuters)

MALAYSIA – Teka Teki kasus pembunuhan Kim Jong-num masih menjadi misteri.Meski telah dinyatakan Jon-nam tewas karena racun pemusnah massal, namun Korea Utara (Korut) mengatakan jika kematian saudara tiri pemimpin Korut Kom Jong-un itu meninggal terkena serangan jantung.

“Dia sedang menjalani perawatan. Dalam kondisi normal, dia tidak boleh bepergian tanpa obat sakit jantung, juga diabetes dan tekanan darah tinggi,” kata mantan wakil duta besarnya untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, Ri Tong-il, seprti dilansir The Strait Times.

Tong-il pun mempertanyakan mengenai temuan racun pemusnah massal VX yang disebut sebagai penyebab kematian Jong-nam.

“Siapa pun yang terpapar material ini lewat udara akan mati. Ada puluhan ribu orang di bandara, tapi tidak ada satu penumpang pun yang terkontaminasi,” kata dia. “Dan jika benar, maka sampel material racun saraf itu harus dikirim ke pakar kimia internasional dan Organisasi Pelarangan Senjata Kimia,” ujarnya.

Korut juga meminta Malaysia mengidentifikasi pembuat racun, dan melacak para pembawa racun hingga racun sampai ditangan tersangka pelaku Siti Aisyah dan Doan.

Seperti diketahui, Siti Aisyah bersama seorang perempuan berpaspor Vietnam, diduga membunuh Kim Jong-nam dengan racun mematikan yang disebut sebagai pemusnah massal, pada Senin 13 Februari 2017, saat Jong-nam hendak berangkat ke Macau melalui Bandara Kuala Lumpur, Malaysia. (embun)

 

Terbaru

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan. (firda)
Senin, 21/10/2019 — 11:30 WIB
Polisi Terjunkan 1500 Personel Kawal Demo Mahasiswa
Mahfud MD.
Senin, 21/10/2019 — 11:13 WIB
Banyak Bicara Hukum & HAM
Belum Tau Jadi Menteri Apa, Mahfud: Saya Diminta Membantu Beliau
istana negara
Senin, 21/10/2019 — 10:38 WIB
Ada Mahfud MD dan Nadiem Makarim
Sejumlah Calon Menteri Dipanggil ke Istana Negara