Sunday, 17 November 2019

Rayakan HUT Kota Depok, Digelar Festival Rakyat Ciliwung

Rabu, 8 Maret 2017 — 7:33 WIB
Kepala Disporaparbud Kota Depok Agus Suherman didampingi Sekretariat Bersama Ciliwung, Hodayat A Ramdani. (anton)

Kepala Disporaparbud Kota Depok Agus Suherman didampingi Sekretariat Bersama Ciliwung, Hodayat A Ramdani. (anton)

DEPOK (Pos Kota) – Menyambut HUT ke-18, Kota Depok jajaran Pemkot Depok melalui Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Budaya (Disporaparbud) mengecek kesiapan kawasan pinggir Sungai Ciliwung di kawasan jembatan Grand Depok City (GDC) bersama Sekretariat Bersama (Sekber) Sahabat Ciliwung yang bakal dijadikan Festival Rakyat Ciliwung.

“Kami memang tengah mengecek kesiapan, medan dan lokasi yang pas untuk menyelenggaran Festival Rakyat Ciliwung sebagai salah satu acara menyambut HUT Kota Depok,” kata Kepala Disporaparbud Agus Suherman didampingi Koordinatoriat Sekber Ciliwung, Hidayat A Ramdani, Selasa (7/3).

Kegiatan ini nantinya menjadi salah satu agenda peringatan HUT Kota Depok sehingga kegiatan itu tak hanya dilakukan di lapangan Balaikota Depok, lapangan sepakbola dan hiburan lainnya tapi juga mengerakan masyarakat khususnya Kota Depok untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan termasuk keasrian alam Ciliwung.

Menurut dia, paling tidak kegiatan ini menjadi salah satu kampanye untuk kelestarian Ciliwung agar masyarakat tak membuang sampah sembarangan terlebih ke Kali Ciliwung. Pasalnya, kawasan ini juga menjadi salah satu lokasi yang akan dijadikan obyek wisata Kota Depok khususnya arung jeram. “Termasuk melihat kondisi air dan situasi saat festival akan berlangsung,” tuturnya.

Koordinator Sekber Ciliwung, Hidayat A Ramdani, mengatakan sebetulnya kegiatan di kawasan Kali Ciliwung ini sudah dilakukan selama tiga tahun berturut-turut dengan nama Pesta Rakyat Ciliwung tapi tahun 2017 ini berubah menjadi Festival Rakyat Ciiliwung.

Berbagai kegiatan akan dilaksanakan selain arung jeram, tambah dia, seperti menangkap ikan di kali tanpa alat atau hanya dengan tangan, mengajak seluruh pelajar untuk menanam pohon pelindung dibantaran Kali Ciliwung, pemilahan sampah buangan dan lainnya. (anton)