Monday, 11 November 2019

Tempat Penampungan Limbah Plastik Terbakar

Kamis, 16 Maret 2017 — 7:43 WIB
Lapak penampungan berang bekas seperti plastik terbakar

Lapak penampungan berang bekas seperti plastik terbakar

SERANG (Pos Kota) – Tempat penampung (lapak) limbah plastik milik Iwan di Kampung Citawa Rt.09/02, Desa Tambak, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang,Banten Rabu (15/3) malam, ludes dilalap si jago.

Api yang menghanguskan seluruh bangunan dan isinya ini diduga berasal dari bakaran sampah yang terbang terkena hembusan angin. Meski demikian kepastian penyebab kebakaran masih diselidiki dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Diperoleh keterangan, api bermula dari aktivitas salah satu pekerja yang membakar sampah pada sekitar pukul 19.30 WIB. Tiupan angin mengakibatkan percikan api berterbangan mengenai tumpukan limbah plastik yang ada di areal lapak. Hembusan angin mengakibatkan kobaran api cepat membesar dan sulit dipadamkan oleh para pekerja.

Sejumlah kendaraan pemadam kebakaran (damkar) dari kawasan industri maupun dari Pemkab Serang berdatangan. Meski demikian petugas damkar tetap kesulitan menjinakan si jago merah. Setelah sekitar 4 jam kemudian atau sekitar pukul 24.00 WIB, barulah kobaran api berhasil dikuasai petugas.

Kepala Satuan Reskrik Polres Serang, AKP Gogo Galesung memastikan peristiwa kebakaran limbah plastik ini tidak memakan korban jiwa ataupun luka-luka. Kasat menjelaskan penyebab kebakaran diduga dari bakaran sampah yang tertiup angin, meski demikian penyelidikan akan terus dilakukan.

“Kalau untuk kerugian, kita belum ketahui karena belum ada keterangan dari si pemilik,” ungkap Gogo didampingi Kanit Pidsus, Iptu Samsul Fuad, Kamis (16/3). (haryono)