Sunday, 20 October 2019

Semua Orang Punya Masalah

Senin, 10 April 2017 — 7:03 WIB
gas

ORANG bijak bilang, semua manusia punya problem atau masalah. Dari yang kecil, sedang-sedang saja, dan ada juga yang berat. Dan semua itu muncul hampir sepanjang waktu. Malah, kata orang bijak, yang namanya masalah akan muncul atau diawali setiap orang sejak baru bangun dari tidur.

Masalah yang paling kecil, cece remeh sampai yang bikin pikiran ruwet. Bagi para ibu rumah tangga, sudah harus berpikir menyiapkan sarapan pagi buat suami dan anaknya. Lalu dari mana uang belanja hari ini? Kalau pun punya uang, ternyata nggak cukup karena barang yang mau dibeli mahal. Ada yang menyakitkan lagi, ketika barang yang sangat dibutuhkan nggak ada alias kosong. Tuh, kayak gas elpiji 3 kg. menghilang?

Sang ayah pun begitu, buka HP batunya lemah, gagal menghubungi klien karena pulsa habis. Keluar rumah sudah terjebak macet. Padahal harus cepat ke kantor, mau ada rapat pagi, pekerjaan menumpuk. Belum lagi, harus membayar tagihan bulanan rumah, kontrakan, listrik, kendaraan dll.

Anak yang masih sekolah, tingkat SD sampai SMA dan mahasiswa juga sama punya problem. Lupa mengerjakan PR, uang jajan kurang, bangun kesiangan. Bagi yang sudah dewasa, galau, was-was karena pacarnya direbut orang? Wah, banyak banget deh masalah.

Kalau kuat dan tabah ya syukur, bisa menjalani dengan aman. Tapi kalau nggak, bisa sebaliknya, putus asa. Lalu nekat loncat dari ketinggian, bikin tiang gantungan, atau menyayat diri sendiri dan minum racun. Selesailah sudah, nggak punya problem lagi, memang!

Pertanyaannya, apakah harus begitu? – massoes