Sunday, 15 December 2019

Macron Hadapi Le Pen di Putaran Kedua Pilpres Prancis

Senin, 24 April 2017 — 9:35 WIB
Macron dan Le Pen diumumkan maju ke putaran kedua Pilpres Prancis 2017. (reuters)

Macron dan Le Pen diumumkan maju ke putaran kedua Pilpres Prancis 2017. (reuters)

PRANCIS – Pimpinan Partai En Marche, Emmanuel Macron dan pemimpin ekstrem kanan Marine Le Pen, hampir dipastikan akan berhadapan di putaran kedua Pemilihan Presiden Prancis yang akan digelar pada 7 Mei 2017.

Reuters, Senin (24/4/2017) melansir, persaingan bukan hanya terlihat dari dua kandidat tersebut namun dari lembaga survei yang pro pada masing-masing capres. Lembaga survei Harris memproyeksikan Macron mendapatkan 24 persen suara, unggul dari Le Pen yang diperkirakan mendulang 22 persen suara. Sementara lembaga survei Elebe, melansir jika Macron mendapat 23,7 persen suara meninggalkan Le Pen yang disebut mendapat 22 persen suara.

Sedangkan dua kandidat lainnya, Jean-Luc Melenchon dan Francois Fillon masing-masing mendapatkan 20 persen suara yang otomatis mengeliminasi mereka dari persaingan di putaran kedua.

Sayangnya, tak lama berselang setelah hasil sementara putaran pertama diumumkan, terjadi bentrok antara polisi dan massa yang menolak hasil tersebut. Ratusan pasukan huru hara Prancis diterjunkan untuk mengendalikan situasi.

Pertarungan pada putara kedua nanti diprediksi akan berlangsung seru. Mengingat dua politikus ini memiliki pandangan yang sangat berbeda, terutama masalah perekonomian. Macron adalah kandidat pro Uni- Eropa sementara Le Pen telah berulang kali menyerukan Prancis untuk mengikuti jejak Inggris dan angkat kaki dari blok ekonomi Benua Biru itu.

Jadi, siapakah yang akan menggantikan Francois Hollande sebagai pemimpin di salah satu negara kuat di Uni Eropa itu? Kita tunggu saja hasilnya nanti.. (embun)

 

Terbaru

Menteri Kelautan dan perikanan menyerahkan penghargaan pada  para pemenang kegiatan Hari Ikan Nasional ke-6 tahun 2019.(ist)
Minggu, 15/12/2019 — 11:33 WIB
Lewat Kampanye Gemar Makan Ikan
Menteri KKP Ajak Ibu-Ibu PKK Berperan dalam Pemberantasan Stunting
Dirut BPJAMSOSTEK Agus Susanto didampingi PPS Deputi Direktur Bidang HUmas dan Antar Lembaga M. Erfan.(tri)
Minggu, 15/12/2019 — 10:55 WIB
Disalurkan Melalui Baznas
Dana Registrasi Relay Marathon BPJAMSOSTEK untuk Melindungi Pekerja Rentan