Thursday, 21 November 2019

Mayat Dalam Karung Ternyata Anggota KPLP Pelabuhan Priok

Senin, 1 Mei 2017 — 19:03 WIB
Mayat dalam karung plastik saat dievakuasi petugas dari Kali Sunter, Koja, Jakarta Utara. (M3)

Mayat dalam karung plastik saat dievakuasi petugas dari Kali Sunter, Koja, Jakarta Utara. (M3)

JAKARTA (Pos Kota) – Identitas mayat dalam karung plastik dengan 23 luka tusukan di Kali Sunter, Koja, Jakarta Utara akhirnya terungkap. Mayat tersebut diketahui bernama Ridho Simangunsong, 40 anggota Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Pelabuhan Tanjung Priok.

“Identitas korban kami ketahui dari hasil Ahli Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Inafis) Mabes Polri kemudian mengarah ke identitas korban. Setelah kami hubungi pihak keluarganya ternyata identitasnya sama,” kata Kasat Reskrim Polres Jakarta Utara, AKBP Nasriadi, Senin (1/5).

Dikatakan, saat Rina Nadeak, istri korban dibawa melihat langsung jenazah korban di RS Polri Kramajati memastikan bahwa korban memang benar suaminya. Itu dari ciri-ciri tatto pisau belati menusuk mawar biru yang ada di punggung sebelah kiri korban.

Nasriadi menjelaskan, korban dan istrinya tinggal di Pulo Gadung, Jakarta Timur dan selama lima tahun menikah belum dikaruniai anak. “Istrinya bilang selama ini mereka tidak ada masalah, sehingga ia kaget saat diberitahukan tentang suaminya,” ujarnya.

Setiap harinya, sambung Nasriadi korban bertugas sebagai kru di Kapal Patroli KPLP Tanjung Priok dan sekali sebulan pulang ke rumahnya. “Jadi istrinya tidak curiga karena suaminya jarang pulang, ya sekali sebulan baru pulang,” ucapnya.

Terakhir kali korban pulang saat Hari Raya Paskah, 14 April 2017 lalu. “Setiap pulang korban sering naik motor pinjam dari temannya kemudian pamit lagi untuk kerja. Jadi dia kerja berlayar bukan di kantor,” tukasnya.

Hingga kini Tim Gabungan Polres Jakarta Utara dan Polsek Koja masih mendalami kasus tersebut. Sedikitnya sudah delapan saksi dimintai keterangan.

“Semuanya kami mintai keterangan, mulai keluarga korban, teman satu kapalnya dan saksi-saksi lain,” tukasnya.
(BACA: Ciri-ciri Mayat dalam Karung: Pria Kurus, Bertato Belati di Punggung)

Seperti diberitakan, mayat tersebut pertama kali ditemukan oleh Mukhlis, pedagang di pinggir Kali Sunter persis di depan waduk Rawa Badak Selatan (RBS) Koja, pada Sabtu (22/4), sekitar pukul:09.00 WIB.

Mukhlis mengaku menemukan mayat dalam karung tersebut tidak sengaja setelah mencium bau busuk.

“Saya nyari sumber bau busuk, tak sengaja liat karung kirain sampah. Pas didekati ada kaki keluar dari dalam karung,” ingat Mukhlis.

Spontan penemuan mayat tersebut disampaikan ke petugas kebersihan di lokasi dan selanjutnya dilaporkan ke Polsek Koja.

Saat ditemukan posisi mayat meringkuk dalam karung plastik terikat tali plastik dan masih mengenakan jelana jins biru ukuran 32 cm dan baju kaos belang. Saat diidentifikasi ditemukan banyak luka tusuk di leher, pungung, dan dada termasuk di bagian wajahnya. (Ilham/M3).