Wednesday, 23 October 2019

Perkawinan Terpaksa Bubar Gara-gara Celdam Misterius

Minggu, 7 Mei 2017 — 5:49 WIB
celdam

INI kisah tragis rumah tangga. Indri, 40, dan Edy Keceput, 46, sudah menikah 20 tahun. Tapi gara-gara celdam wanita misterius di koper suami, Indri menggugat cerai ke Pengadilan Agama. Soalnya Edy Keceput tetap tidak mau berterus terang siapa pemilik celdam itu. Apa harus digelar Angket Celdam?

Ketika KPK dianggap menyembunyikan sesuatu, DPR yang dimotori Fahri Hamzah berencana menggelar Angket KPK. Mereka mau memaksa Agus Rahardjo dan anak buahnya membuka rekaman pemeriksaan terduga korupsi e-KTP. Ada yang menduga, angket itu digelar untuk melindungi sejumlah anggota dewan yang terlibat korupsi senilai Rp 2,3 triliun.

Bagaimana jika seorang suami sebagaimana Edy Keceput tidak mau berterus terang keberadaan sepotong celdam wanita dalam kopernya? Apalah Indri harus niru gaya politisi Senayan, menggelar angket pula? Siapa pula yang harus mendukung? Mengumpulkan 25 tanda tangan untuk urusan begituan bukanlah soal mudah. Salah-salah Indri malah dianggap kenthir. Yang mboten-mboten saja. Padahal sebetulnya Indri tak memasalahkan celdam itu, tapi aroma perselingkuhan di balik celdam itu.

Sungguh Indri tak menduga, Edy Keceput yang selama ini nampak santun, ganteng, seiman, tahu-tahu kok jadi tukang selingkuh. Apa karena sering tugas keluar kota itu menjadi sering kesepian? Selama ini suami tak pernah menampakkan gejala seperti itu. Dia biasa-biasa saja. Dalam pandangan Indri, Edy Keceput juga bukan tipe lelaki yang haus wanita.

Keluarga Edy Keceput resminya tinggal di , Kenjeran, Surabaya. Tapi karena kantornya punya cabang di Bali, sering sekali dia meninggalkan keluarganya selama seminggu atau lebih di Denpasar. Di sana Edy Keceput juga tinggal di rumah kakak Indri. Walhasil peluang untuk macem-macem nyaris tak ada.

Kok tiba-tiba saat pulang dari Denpasar sebulan lalu, dalam koper suami ditemukan celdam wanita yang baru saja dipakai, dengan aroma yang khas pula. Indri sudah mencoba tabayun, tapi ternyata Edy Keceput tak mau menjawab. Dia hanya bilang berulang kali “tidak tahu” . Tentu saja hal ini menjadikan Indri penasaran.

Dugaan liar Indri pun mulai berkembang. Jangan-jangan di Denpasar suaminya punya WIL. Habis kencan bersama si doi, perempuan itu lupa memakai kembali celdamnya, bahkan terbawa dalam koper Edy Keceput. Tapi hati nurani Indri menolak, “Tak mungkin celdam sampai lupa pakai kembali, memangnya tidak terasa isis?”

Melihat sepak terjang Wakil Ketua DPR yang mau Angket KPK gara-gara ada isyu anggota DPR tekan Miryam Haryani, sebetulnya Indri tergoda juga untuk menirunya. Seru kan, Angket Celdam disetujui oleh 25 keluarga Indri. Lalu dibentuk Pansus, agar suami mau mengakui siapa empunya celdam itu, dan sudah berapa kali mendayagunakan isi celdam itu?

Tapi gagasan nakal itu tak mungkin dilaksanakan, sehingga Indri kemudian memilih gugat cerai ke Pengadilan Agama Surabaya. Celdam misterius itu dijadikan barang bukti. Tapi Edy Keceput malas-malasan menghadiri sidang. Sekali datang dia hanya bilang, “Ini kan soal sepele sekali, kenapa hanya celdam saja dijadikan alasan mengguhat cerai? Capek deh!”

Kalau capek ya dipijit, gitu saja kok repot. (JPNN/Gunarso TS)