Friday, 22 November 2019

Tanggapi SMS Warga, Sudin Dukcapil Telusuri Keluhan e-KTP

Selasa, 9 Mei 2017 — 11:31 WIB
Sudin Dukcapil Jaksel mendistribusikan KTP elektronik ke warga. (rachmi)

Sudin Dukcapil Jaksel mendistribusikan KTP elektronik ke warga. (rachmi)

LAMBANNYA proses pengurusan KTP elektronik kerap dikeluhkan masyarakat. Di antaranya warga di Kelurahan Kebayoran Lama Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan yang sudah setahun direkam data tapi hingga kini belum menerima blangko e KTP.

Keluhan tersebut disampaikan pembaca melalui SMS Aspirasi Warga Jakarta di Pos Kota. Isi pesannya: “Camat Kebayoran Lama dan Lurah Kebayoran Lama Utara. Sudah lebih dari setahun saya menunggu blangko e KTP. Tolong dipercepat prosesnya. Terima kasih,” kata pengirim SMS bernomor 089514114xxx.

Saat dikonfirmasi Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jaksel, Abdul Haris menjelaskan pihaknya akan menelusuri warga tersebut seraya akan berkoordinasi dengan Kemendagri terkait uji ketunggalan.

“Meski sudah rekam data e-KTP ada kemungkinan belum bisa dicetak karena terkendala uji ketunggalan di Kemendagri,” kata Abdul Haris, Selasa (9/5/2017).

Ia menambahkan dari 20.000 blangko KTP el yang didistribusikan oleh Dinas Dukcapil DKI Jakarta, pihaknya sejak 3 April hingga 6 Mei mencetak 16.760.keping dan sudah didistribusikan ke 65 kelurahan. Sisanya 3.240 keping masih dicetak. Dari jumlah tersebut 603 keping dicetak di Kelurahan Kebayoran Lama Utara.

(rachmi/sir)