Friday, 22 November 2019

Gempa Guncang Garut, Terasa Sampai Bogor

Kamis, 11 Mei 2017 — 19:56 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

BOGOR(poskotanews.com) -Wilayah bagian selatan Jawa Barat diguncang gempa tektonik berkekuatan 5,0 Skala Richter (SR) pada pukul 15.51 WIB. Berdasarkan analisis Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), letak koordinat gempa berada di 7,84 lintang selatan, 107,07 bujur timur, tepatnya di laut, 85 kilometer arah barat daya Kota Garut, Jawa Barat di kedalaman 65 kilometer.

Hasil analisis peta tingkat guncangan (shake map) BMKG, dampak gempa bumi ini menimbulkan guncangan dengan intensitas I-II SIG-BMKG atau II-III MMI di wilayah Garut, Sukabumi, Sukanegara, Pengalengan, dan Muaragede.
Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Moch Riyadi mengatakan meskipun terasa lemah, guncangan terasa di sebagian wilayah Bogor dan Citeko. Beberapa orang mengaku merasakan adanya guncangan gempa bumi.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya gempa bumi ini memiliki kedalaman menengah akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia. “Kkepada masyarakat pesisir selatan Jawa Barat dihimbau agar tetap tenang mengingat gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” kata Moch Riyadi.(us)