Wednesday, 20 November 2019

Kerusuhan Pecah di Penjara Meksiko, Tiga Polisi Tewas

Rabu, 7 Juni 2017 — 14:27 WIB
Polisi negara bagian ikut membantu meredam kerusuhan yang terjadi di penjara negara Tamaulipas, Meksiko. (reuters)

Polisi negara bagian ikut membantu meredam kerusuhan yang terjadi di penjara negara Tamaulipas, Meksiko. (reuters)

MEKSIKO – Kerusuhan pecah di penjara negara bagian Tamaulipas, Meksiko dan menyebabkan tiga petugas kepolisian dan seorang penjaga keamanan tewas. Menurut pejabat setempat, jumlah tersebut masih mungkin bertambah, mengingat polisi mash berusaha mengendalikan kekacauan yang terjadi.

“Jumlah tersebut merupakan permulaan karena operasi berlanjut, masih ada polisi negara bagian di dalam penjara yang memeriksa sel,” kata juru bicara keamanan untuk Tamaulipas, Luis Alberto Rodriguez  kepada Reuters, Rabu (7/6/2017).

Rodriguez menyebutkan, jika pihak berwenang sebenarnya telah melihat adanya peningkatan ketegangan antara kelompok-kelompok yang saling bermusuhan di penjara dalam beberapa hari terakhir.  Mereka juga mendapat informasi jika terjadi penyeludupan senjata ke dalam penjara.

“Intervensi memang dilakukan dengan membawa polisi negara bagian ke penjara,” ucap rodriguez.  “Jika pihak berwenang tidak melakukan intervensi, maka jumlah korban akan lebih tinggi,” sambungnya.

Televisi setempat yang mengambl gambar melalui helikopter memperlihatkan anggota keluarga napi yang berkumpul di luar penjara, serta suara tembakan yang terdengar berasal dari dalam kawasan penjara.

Perang antara kelompok Gulf Cartel dan Zetas memang telah berlangsung bertahun-tahun. Dan kekerasan terus terjadi akibat persaingan perdagangan Narkoba dan wilayah kerap terjadi dan menimbulkan banyak korban jiwa. (embun)