Friday, 22 November 2019

Olahraga Saat Puasa? Kenapa Nggak!

Rabu, 7 Juni 2017 — 14:53 WIB
Olahraga saat puasa dapat membantu menjaga ketahanan tubuh. (ist)

Olahraga saat puasa dapat membantu menjaga ketahanan tubuh. (ist)

RASA lapar dan haus saat menjalankan ibadah puasa, sering kali membuat kita jadi malas berolahraga. Padahal, olahraga dapat membantu menjaga kebugaran tubuh saat menjalankan ibadah puasa.

Namun, bukan olahraga berat yang biasa Anda lakukan di luar bualan Ramadhan. Anda harus bisa memilih olahraga yang tepat dengan kondisi tubuh Anda saat berpuasa. Berikut tips nya yang dikutip dari berbagai sumber :

*Lakukan Olahraga Ringan

Saat puasa, sesuaikan jenis olahraga dengan kondisi tubuh Anda. Lakukan olahraga dengan tingkat beban yang lebih ringan. Jika Anda memaksakan melakukan olahraga yang berat, maka energi tubuh Anda akan cepat terkuras dan Anda menjadi lebih mudah lelah atau lemas.

*Pilih waktu yang tepat berolahraga

Lakukan olahraga satu sampai dua jam sebelum berbuka. Dengan demikian, Anda tak perlu berlama-lama menunggu waktu untuk mengisi tubuh Anda kembali dengan cairan yang banyak habis saat kita sedang berolah raga.

*HIndari olahraga yang bisa membatalkan puasa

Berenang, menjadi salah satu olahraga yang baiknya dihindari saat Anda berpuasa. Anda bisa saja secara tidak sengaja menelan air saat sedang berenang. Jika ingin tetap melakukan renang, pilih waktu setelah berbuka puasa.

*Yoga

Yoga menjadi salah satu olahraga yang bisa Anda lakukan saat Ramadhan. Selain mampu menjaga pikiran tetap rileks, yoga juga mempercepat proses detoksifikasi di dalam tubuh. Yoga dapat dilakukan kapan pun selama berpuasa. Pilihlah lokasi yang tenang dan jauh dari keramaian untuk dapat melakukan yoga yang maksimal.

*Lakukan Secara Teratur

Lakukan olahraga rutin dengan jadwal yang mungkin bisa dikurangi dari biasanya. Misalnya jika Anda olahraga 3 kali seminggu dengan waktu dua jam, mungkin sekarang bisa dikurangi 30 menit atau sesuai kebutuhan.

*Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Saat Anda sedang puasa, jangan banyak konsumsi makanan berlemak, tinggi garam maupun gula. Imbangi makanan Anda dengan sayur dan buah karena makanan inilah yang justru memberikan tenaga lebih banyak dan tahan lama pada tubuh. (embun)