Wednesday, 13 November 2019

Stasiun Senen Mulai Dipadati Pemudik

Selasa, 13 Juni 2017 — 0:55 WIB
Suasana di Stasiun Pasarsenen Jakarta

Suasana di Stasiun Pasarsenen Jakarta

JAKARTA (Pos Kota) – Meski Lebaran masih belasan hari lagi, tetapi ribuan pemudik mulai memadati Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Senin (12/6/2017). Mereka memilih pulang kampung lebih awal, karena khawatir bila mepet Idul Fitri tak bisa mendapatkan tiket.

Calon penumpang menjejali Stasiun Senen mulau dari subuh hingga malam. “Kami memang sengaja pilih mudik lebih awal. Kalau sekarang mudik kan bisa dapat tiket,” ucap Mijan, 45, calon pemudik, di Stasiun Senen.

Bukan hanya Mijan, Yatno, 34, juga memilih mudik lebih awal lantaran kesibukannya akan padat setelah Lebaran. ”Sudah direncanakan dan kami ambil cuti. Kalau setelah Lebaran tidak bisa justru malah banyak pekerjaan,” ungkap bapak satu anak tersebut.

Pantauan Pos Kota di Stasiun Senen, calon pemudik mulai mengalir sejak subuh. Bahkan diantaranya ada yang tiduran di stasiun. Mereka akan mudik ke berbagai tujuan seperti Yogyakarta, Solo, Tegal, Kebumen, dan daerah lainnya.

Suasana antrean di tempat penjualan tiket, juga terlihat panjang. Mereka rela berdesak-desakan demi mendapatkan tiket untuk pulang kampung halaman.

KAMPUNG RAMBUTAN

Di Terminal Bus Kampung Rambutan, Jaktim, berbagai kesiapan juga mulai dilakukan. Demi memberikan kenyamanan pemudik, Terminal ini mendirikan posko dan pengecekan bus.

Kepala Terminal Kampung Rambutan, Emiral August, mengatakan pihaknya telah siap melayani warga Jakarta yang ingin pulang ke kampung halaman saat musim mudik Lebaran tahun ini. “Prinsipnya Terminal Kampung Rambutan sudah siap melaksanakan kegiatan angkutan Lebaran,” tegasnya.

Emiral memprediksi, jumlah pemudik di tahun 2017 akan lebih banyak dari tahun sebelumnya. Alasannya, libur Idul Fitri bertepatan dengan akhir pekan akan menambah jumlah penumpang. “Puncak arus mudik kami perkirakan H-3,” ujarnya. (deny/ifand/ruh/st)