Friday, 22 November 2019

Sambut Lebaran, Digelar Festival Bedug Berhadiah Kambing

Jumat, 16 Juni 2017 — 17:10 WIB
*Illustrasi

*Illustrasi

JAKARTA  (Pos Kota) – Menyambut Lebaran, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar Festival Bedug di Balaikota Jakarta. Festival digelar pada 24 Juni 2017 malam atau sehari sebelum Lebaran.

Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan DKI Jakarta Bambang Sugiyono mengatakan Festival Beduk akan menghadirkan enam finalis yang sudah melalu seleksi di tingkat kecamatan dan tingkat kota.

Dikatakan Bambang, Festival Beduk akan memberikan hadiah bagi pemenang satu, dua dan tiga. Sedangkan enam finalis akan mendapatkan hadiah satu ekor kambing. Menurut Bambang, hadiah-hadiah tersebut berasal dari kocek operasional Gubernur Djarot Saiful Hidayat. Juara Festival Beduk juga akan mendapatkan piala gubernur dan piala bergilir.

“Hadiahnya dari Pak Gubernur langsung. Juara pertama dapat Rp 15 juta, juara kedua dapat Rp 10 juta, juara ketiga dapat uang Rp 7,5 juta, plus kambing,” ujar Bambang saat dihubungi, Kamis (16/6/2017).

Lebih lanjut, Bambang menyampaikan ada tiga kriteria penilaian dalam festival beduk tersebut. Pertama, yakni lafadz dan tajwid takbir. Kriteria kedua yakni seni pukul beduk kriteria ke tiga adalah penampilan.

“Fastival beduk akan dimulai pada 16-19 Juni 2017 di tingkat kecamatan. Peserta di tingkat kecamatan berasal dari setiap kelurahan yang ada di kecamatan tersebut,” imbuh Bambang.

Juara pertama di tingkat kecamatan akan berlomba di tingkat kota pada 21 Juni 2017. Terakhir, juara pertama di tingkat kota akan berlomba di tingkat provinsi pada 24 Juni 2017 atau malam takbir menjelang Lebaran. (ikbal/win)