Monday, 14 October 2019

Agar Mudik Menyenangkan Bagi Anak, Berikut Tipsnya

Selasa, 20 Juni 2017 — 12:21 WIB
Dokumentasi. (rihadin)

Dokumentasi. (rihadin)

MUDIK merupakan tradisi yang telah mengakar bagi umat Islam Indonesia. Namun, seringkali pemudik mengabaikan kenyamanan dan keamanan anak selama dalam perjalanan.

Pemerhati anak Giwo Rubianto berbagi tips mudik ramah anak, agar pemudik bisa melakukan perjalanan ke kampung halaman dengan aman dan pastinya menggembirakan.

“Pertama, pastikan transportasi yang digunakan untuk mudik aman dan nyaman bagi anak. Dan saya pikir motor bukan pilihan terbaik, lebih baik gunakan transportasi umum seperti kereta atau bus,” ujar Ketua Umum Kowani ini, Selasa (20/6/2017). “Kalau memang harus naik motor, jangan membawa barang berlebih, harus utamakan keselamatan,” lanjutnya.

Yang kedua, Giwo menyarankan agar para orang tuang membawa bekal cukup untuk anak. “Tak perlu mahal, yang penting makanan harus penuh gizi. Ini juga mencegah anak minta jajan di perjalanan, karena tidak terjamin kebersihannya,” jelas wanita penyuka kura-kura ini.

Selanjutnya, Giwo menyarankan agar anak dibekali permainan edukatif. Karena terkadang, perjalanan panjang kerap kali membuat anak bosan dan tak bersemangat melakukan mudik.

“Tujuan mudik kan untuk bersilaturahmi di momen bahagia. Kita juga harus memperhatikan kebutuhan anak serta kenyamanan dan keamanan anak, agar momen tersebut sempurna,” pungkasnya. (embun)