Friday, 13 December 2019

Ketua MPR RI: Hentikan Silang Pendapat Soal Pancasila

Kamis, 22 Juni 2017 — 13:49 WIB
Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan

JAKARTA (Pos Kota) – Ketua MPR, Zulkifli Hasan, mengajak seluruh rakyat Indonesia menghentikan silang pendapat soal Pancasila atau anti Pancasila. Pasalnya, saling tuding itu menafikan proses pembangunan manusia dan negara bangsa.

“Dari pada energi bangsa Indonesia habis untuk berdebat, lebih baik berusaha menerapkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” ujar politikus Partai PAN itu kepada wartawan di Senayan, Kamis (22/6/2017).

Zulkipli mengutip Sila kelima yang berbunyi Keadilan Sosial Bagi Bangsa Indonesia, yang artinya , tidak mentolerir adanya orang miskin di negara Pancasila. Tapi nyatanya, kemiskinan itu masih gampang ditemukan di Indonesia. Karena itu perlu perjuangan lebih keras agar terwujud cita-cita Pancasila, dan tidak sedikitpun berfikir untuk mundur.

“Harus ada jalan bagi memakmurkan rakyat. Karena kalau kesejahteraan itu tidak merata, maka cerita tentang Indonesia bisa berakhir, yang menjauhkan cita-cita kemerdekaan sebagaimana keinginan founding father bangsa, Soekarno,” kata Zulhas.

Karena itulah, ia mengapresiasi peringatan Haul Bung Karno ke-47 sekaligus peluncuran “Buku Bung Karno, Islam dan Pancasila” oleh ketua Fraksi PDIP, Ahmad Basarah sebagai materi substansi ujian doktoral di Universitas Diponegoro, Semarang. (rinaldi/tri)