Thursday, 05 December 2019

1 Juli Hari Ini, Permenhub Tarif Taksi Online Diberlakukan

Sabtu, 1 Juli 2017 — 12:27 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

JAKARTA (Pos Kota)  – Terhitung 1 Juli 2017, akan diberlakukan tarif baru taksi online, menyesuaikan dengan tarif batas atas dan batas bawah.

Tarif baru taksi online ini sesuai dengan revisi Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 32 Tahun 2016 dimana  tarif taksi online harus mengikuti tarif batas atas dan batas bawah tidak jauh berbeda dengan tarif taksi konvensional.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, saat melakukan sosialisasi penyesuaian tarif beberapa waktu lalu mengungkapkan pengenaan tarif baru untuk taksi online seharusnya diberlakukan  sejak tanggal 1 April 2017 lalu, namun pemerintah memberikan transisi penyesuaian tarif baru selama tiga bulan sejak dikeluarkannya aturan tersebut.

“Penindakan polisi dan Dishub baru dilakukan terhitung 1 Juli 2017,” terang Budi Karya. “Kalau melanggar bisa di-suspend. Kita cari cara me-suspend kalau tidak mengikuti aturan.”

Menteri berharap taksi online sudah harus mengikuti aturan main tarif batas atas dan batas bawah. Dalam aturan itu, masing-masing Pemerintah Daerah yang bakal menentukan tarif batas atas dan batas bawah bagi taksi online.

Aturan itu sendiri ditujukan untuk kesetaraan antara taksi online dan taksi konvensional harus diperlakukan setara supaya tercipta persaingan yang sehat.

Kesetaraan itu, misalnya soal kewajiban memenuhi standar keselamatan, uji kelayakan kendaraan, persyaratan pengemudi, pembatasan (kuota) jumlah armada, batasan tarif, dan sebagainya.

Selain itu untuk memberikan perlindungan kepada pengemudi dan pengguna jasa. “Revisi juga tidak dilakukan sepihak, namun berdasarkan hasil rembuk dengan pengelola taksi online dan konvensional.

Permenhub Nomor 32 Tahun 2016 selain mengatur tarif batas atas dan batas bawah,  juga mengatur beberapa poin lainnya setidaknya ada 11 poin dalam revisi tersebut. (dwiyantoro/win)