Wednesday, 23 October 2019

Usai Libur Lebaran, Warga Pesisir Pantai ‘Beberesih’ Sampah

Senin, 3 Juli 2017 — 16:27 WIB
Warga pesisir pantai membersihkan sampah setelah rampung waktu liburan Lebaran.

Warga pesisir pantai membersihkan sampah setelah rampung waktu liburan Lebaran.

SUKABUMI (Pos Kota) – Sejumlah warga pesisir pantai di Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat bersih-bersih sampah. Mereka secara sukarela memungut sampah-sampah sisa ulah oknum wisatawan yang  membuang sembarangan ketika berlibur Lebaran 1438 Hijriah.

Ketua Karang Taruna Desa Citepus, Pelabuhan Ratu Ucok Hidayat mengakui banyak sampah berserakan setelah liburan rampung. Maka itu, warga berinisiatif secara sukarela membersihkannya. Tujuannya,   menjaga kelestarian dan kebersihan pantai dari sampah yang bertebaran.

“Cukup banyak sampah yang bertebaran, seperti plastik, bungkus rokok, tusukan bakso, dan lain-lain sehingga kondisi pantai menjadi kotor,” terang Ucok kepada PoskotaNews.com, Senin (3/7/2017).

Pembersihan sampah, menurut Ucok juga untuk menjaga ekosistem laut. Mayoritas warga di desa itu mengandalkan hasil laut, seperti menjadi nelayan. Jika pantai dan laut selalu bersih, ujarnya, wisatawan akan merasa nyaman dan betah untuk berkunjung.

“Bagi warga  sini (Citepus)  laut merupakan aset berharga untuk mencari nafkah, baik melaut maupun berjualan. Makanya harus dijaga,” ungkapnya.

Selain warga, petugas Balawista juga turut terlibat membersihkan sampah. Padahal, mereka merupakan salah satu tim yang aktif menjaga dan memantau aktivitas wisatawan pada masa liburan Lebaran.

“Membersihkan sampah merupakan kegiatan rutin kami, selain melakukan penjagaan dan pemantauan terhadap aktivitas wisatawan. Sebab masih banyak oknum wisatawan yang menyampah sembarangan,” jelasnya. (sule/win)