Saturday, 07 December 2019

Kantong Cekak Usai Lebaran, Kini Terisi Berkat Sampah

Rabu, 12 Juli 2017 — 21:14 WIB
Sejumlah nasabah Bank Sampah Kirai Mandiri di RW 01 Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jaksel sumringah menimbang sampah. (Rachmi)

Sejumlah nasabah Bank Sampah Kirai Mandiri di RW 01 Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jaksel sumringah menimbang sampah. (Rachmi)

JAKARTA (Pos Kota) – Kantong cekak usai lebaran, kini mulai terisi berkat ‘menyetor’ sampah. Ini dilakukan sejumlah nasabah di Bank Sampah (BS) Kirai Mandiri di RW 01 Cipete Utara, Jakarta Selatan yang mendulang 400 kilogram sampah

“Lumayanlah pulang dari mudik, langsung bisa ngumpulin sampah meski baru 5 kilo. Besok-besok harus lebih banyak lagi. Sampah kan bisa jadi duit,” ujar Asri, warga RT 05/01 Cipete Utara saat menimbang sampah yang dibawa dari rumahnya ke BS Kirai Mandiri di RW 01, Rabu (12/7).

Lurah Cipete Utara Muhammad Yohan, mengapresiasi warganya yang kembali aktif mengumpulkan sampah ke bank sampah, kendati baru tiba dari kampung halaman.

“Sebagian warga baru pulang usai pulkam lebaran, makanya 400 kilogram ini masih belum maksimal. Meski demikian semangat warga masih sama, untuk menyetorkan sampah mereka,” beber Yohan.

Dikatakannya Bank Sampah Kirai Mandiri sangat membantu mengurangi tumpukan sampah, terutama sampah yang berada di rumah maupun di lingkungan tempat tinggal.

Selain itu dengan adanya bank sampah, warga semakin lebih rajin menabung berbagai jenis sampah yang masih dapat didaur ulang, dan lingkungan bersih. “Hasilnya penghasilan warga bertambah dan sampah menjadi berkah,” ujarnya. (Rachmi/win)