Thursday, 14 November 2019

Utut : Juara Kejurnas 2017 Bakal dikirim ke Olimpiade Catur 2018

Sabtu, 22 Juli 2017 — 12:18 WIB
Utut Arianto saat penutupan Kejurnas Catur. (rizal)

Utut Arianto saat penutupan Kejurnas Catur. (rizal)

BOGOR (Pos Kota) – Pecatur asal DKI Novendra tampil sebagai juara Kejuaraan Nasional Catur 2017 yang di berlangsung di Cipayung, Bogor-Jawa barat 16 – 22 Juli 2017. Sedang untuk peringkat kedua, direbut pecatur asal Jawa Barat Anjas Novita, dan Grand Master Susanto Megaranto harus puas di peringkat ketiga.

Sementara di kelompok putri, pecatur Jawa Timur Aisyah Annisa berhasil menyabet juara pertama, dan diperingkat kedua adalah Nadya Angraini yang juga berasal dari Jawa Timur. Untuk peringkat ketiga, diraih Khadijah Qurotain dari DKI Jakarta.

“Saya cukup puas karena karena kejuaraan ini berlangsung lancar,” ujar ketua Percasi, Utut Adianto saat menutup turnamen, Jumat (21/7/2017) malam.

Utut mengatakan, pada  tahun 2018 mendatang,  dunia catur akan menggelar Olimpiade Catur.  Utut berjanji akan kirim para jawara catur nasional akan diberangkatkan ke Olimpiade Catur tersebut. “Juara satu, dua dan tiga akan kami kirim ke Olimpiade Catur dan juga akan diberikan pelatihan,” kata Wakil Ketua Komisi X ini meyakinkan.

Dalam kesempatan itu Utut mengatakan, sebagai Ketua Umum Persatuan catur Seluruh Indonesia (Percasi) yang baru, dirinya akan mengunjungi dearah-daerah untuk melihat perkembangan catur di sana. “Saya akan segera berkeliling daerah untuk memantau perkembangan dunia catur di daerah,”  tandasnya.

Sementara pembina Percasi, Eka Putra Wirya, mengatakan cukup puas dengan kejurnas tahun 2017. Alasannya, selain jumlah peserta cukup banyak, yang menjadi juara kali ini tergolong berusia muda.  “Saya puas karena yang menjadi juara turnamen kali ini berusia di bawah 20 tahun yakni Novendra. Jadi ini membuktikan pembinaan catur di usia dini berjalan dengan baik,” papar Eka Wirya. (rizal/mb)