Friday, 18 October 2019

Sehari Mencuri Tiga Motor, Dijual Perunit Rp 2,5 Juta

Kamis, 3 Agustus 2017 — 17:44 WIB
Tersangka pencuri motor dan penadah ditangkap

Tersangka pencuri motor dan penadah ditangkap

JAKARTA (Pos Kota) – Tidak tahun saat beraksi dipantau polisi, akhirnya maling motor diringkus dan ditembak olhe Polres Metro Jakarta Selatan di Jalan Ciputat Raya, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Tersangka Deddy alias Alex, 39, warga Kebayoran Lama, masih diperiksa. Setelah meringkus Alex, polisi meringkus Nurdin, 27, tersangka penadah di tempat terpisah.

Plh Kasat Reskrim Polres Jaksel, Kompol Budi Setiadi menerangkan, pelaku ditangkap karena banya laporan dari masyarakat pencurian kendaraan motor marak terjadi di Jakarta Selatan. Polisi lalu menelusuri keberadaan pelaku.

“Saat diintai, polisi mencurigai pelaku saat ingin melancarkan aksinya dengan kunci letter T dan magnet merekat pada kontak yang dibuat secara khusus oleh maling,” imbuhnya.

Polisi pun mencoba membekuk Alex namun melawan. Akibatnya, petugas terpaksa membedil kaki kirinya hingga ambruk di jalanan.

“Kemudian kami kembangkan dan amankan tersangka penadah di Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat. Pelaku mengaku setiap mencuri motor dia mendapatkan hasil Rp 2,5 juta dan sehari bisa mencapai tiga motor berarti mencapai Rp 7,5 juta,” paparnya.

Ia juga menambahkan, Alex yang memiliki dua anak ini merupakan residivis kasus sama di Polsek Cilandak dan divonis 9 bulan. “Dia ini sering bermain di Jakarta Selatan, Mampang Prapatan, Cilandak, Tebet, Pancoran dan Tangsel,” tutur Kasat.

Dari pengakuan tersangka Alex, ia mencuri karena ekonomi keluarga, dan membeli magnet untuk merekat merusak kontak kunci. “Sepeda motor matic sering dicuri karena laku pasaran,” katanya seraya tersangka dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian pemberatan dengan ancaman 9 tahun penjara. (Adji/M7)