Saturday, 19 October 2019

Biasa Meriah, Sekarang Cuma Ada Satu Lomba Panjat Pinang di Kalimalang

Kamis, 17 Agustus 2017 — 17:50 WIB
panjat pinang kalimalang

JAKARTA (Pos Kota) – Perayaan 17 Agustus di aliran Kalimalang, Jakarta Timur, terlihat tak berkesan, Kamis (17/8/2017). Pasalnya, di sepanjang aliran sungai yang beberapa tahun lalu dipenuhi perlombaan kini hanya diisi satu acara.

Proyek pembangunan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (becakayu) yang menjadi penyebab sepinya perayaan tahunan ini. Hanya RW 10 kelurahan Cipinang Melayu, Makasar yang masih terus berupaya menjaga tradisi tersebut.

Padahal pada tahun-tahujn sebelumnya, berjajar batang pinang di tempat itu sebagai ajang lomba panjat pinang. Belum lagi lomba gebuk bantal dengan batang melintang aliaran Kalimalng.

Widodo (38), warga Pondok Bambu, menyebut perayaan HUT ke-72 RI kali ini yang terlihat sepi. Pasalnya, aliran Kalimalang yang biasanya digelar berbagai perlombaan menghilang. “Saya nyusur dari Pondok Kelapa cuma ada satu ini aja, acara panjat pinang, sisanya kosong,” katanya.

Karena tak adanya acara di Kalimalang, ia mengaku kesulitan untuk mendapat tontonan gratis. Hal itu disebabkan ribuan warga membludak di satu titik saja untuk menonton panjat pinang. “Ini saja nontonnya susah, orang sudah nggak dapat ruang lagi untuk nonton,” ujarnya. (ifand/yp)