Saturday, 07 December 2019

Kasus First Travel, Satu Lagi Tersangka Ditetapkan

Jumat, 18 Agustus 2017 — 16:24 WIB
Brigjen Pol Herry Rudolf Nahak

Brigjen Pol Herry Rudolf Nahak

JAKARTA (Pos Kota) – Bareskrim Polri kembali menetapkan satu tersangka baru atas kasus dugaan penipuan oleh First Travel. Tersangka yakni Kiki Hasibuan yang merupakan Komisaris dan Manager Keuangan dari perusahaan biro jasa haji dan umrah tersebut.

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Herry Rudolf Nahak mengatakan, sebagai manager keuangan, Kiki diduga mengetahui dugaan penipuan yang dilakukan bos First Travel Andika Surachman dan istrinya Anniesa Desvitasari Hasibuan. Sehingga secara resmi adik kandung dari Anniesa ini ditetapkan sebagai tersangka kemarin, Kamis, (17/8).

“Dia mengerti cara kerja yang dilakukan direktur utamanya, dan aliran dana perusahaan. Dia mengerti adanya tindak pidana,” kata Herry di Mapolda Metro Jaya, Jumat, (18/8/2017).

Meski begitu, Herry masih belum membeberkan secara rinci peran Kiki dalam aksi penipuan yang mencapai miliaran rupiah tersebut. Selain itu, belum dijelaskan juga terkait keungtungan yang didapat Kiki. Saat ini baru diketahui jika Kiki hanya mendapat keuntungan berupa gaji bulanan yang didapat dari perusahaan.

“Dia kan Komisaris, Direktur Keuangan, dia dapat gaji dari perusahaan tiap bulan,” tuturnya.

Sebelumnya, polisi lebih dulu menetapkan Andika dan Anniesa yang menjabat sebagai direktur utama dan direktur PT First Anugerah Karya Wisata atau First Travel. Pasangan suami istri ini tangkap pada Kamis 9 Agustus 2017 lalu setelah polisi mendapat laporan agen dan calon jemaah adanya dugaan penipuan.

Kepolisian pun menjerat pasutri ini dengan Pasal 372 dan Pasal 378 KUHP soal Penggelapan dan Penipuan. Keduanya juga dikenakan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). (Yendhi)

Terbaru

Sabtu, 7/12/2019 — 8:11 WIB
IMB Akan Dihapus, Mengapa ?
jalan bareng
Sabtu, 7/12/2019 — 7:59 WIB
Jalan Jalan Bareng, Yuk!