Thursday, 14 November 2019

Timnas Indonesia Partai Hidup Mati Lawan Vietnam

Selasa, 22 Agustus 2017 — 8:05 WIB
Timnas Indonesia U-22 (instagram PSSI)

Timnas Indonesia U-22 (instagram PSSI)

MALAYSIA – Tim Nasional (Timnas) U-22 wajib menang lawan Vietnam dalam laga lanjutan babak penyisihan grup B SEA Games yang akan digelar di Stadion Majlis Perbandaran Selangor, Selasa (22/8). Pertandingan ini akan menjadi partai kunci guna menentukan siapa yang bakal lolos menuju babak semifinal.

Saat ini tim Merah Putih berada di peringkat dua klasemen Grup B dengan tujuh poin, usai menahan imbang Thailand serta menang melawan Filipina dan Timor Leste. Sedangkan Vietnam masih kokoh di puncak klasemen, dengan raihan 9 poin, hasil pesta gol ke gawang Kamboja, Timor Leste, dan Filipina.

Apabila Garuda Muda bisa mengatasi Vietnam, maka akan mendapatkan tiket untuk bisa melaju pada babak semifinal. Meraih poin penuh adalah mutlak. Tapi tidaklah mudah menaklukan Vietnam yang punya ambisi untuk bisa melaju ke semifinal.

Skuat Vietnam sejauh ini sukses mengoleksi poin maksimal dan menjadi tim paling produktif di Grup B. Dari tiga pertandingan saja, mereka telah melesatkan 12 gol dan hanya sekali kebobolan. Terakhir, Vietnam membantai Filipina dengan skor telak 4-0.
Pelatih Timnas U-22, Luis Milla harus memutar otak untuk menentukan formasi yang tepat pasca absennya Evan Dimas. Penggawa Garuda kehilangan sosok jendral lini tengah, Evan Dimas lantaran akumulasi kartu kuning.

MAKSIMALKAN PELUANG

“Ke depannya nanti saya minta pemain memaksimalkan peluang di depan gawang untuk lebih berani mencetak gol,” kata Milla.

Untuk mengganti peran Evan, Luis Milla memiliki alternatif dalam diri Muhammad Hargianto dan Asnawi Mangkualam. Hargianto sendiri siap tampil dengan stamina penuh menyusul diistirahatkannya sang pemain pada pertandingan melawan Timor Leste. Sementara itu, andai belum pulih benar, kiper Kartika Ajie akan diisi oleh penjaga gawang kedua Satria Tama.
Meski memeras otak, namun Luis Milla tak merasa khawatir. Sebabnya, semua pemain yang ada di timnya memiliki kualitas bagus, sehingga siap untuk dimainkan. “Seperti yang saya katakan sebelumnya semua pemain di Timnas adalah pemain penting termasuk Evan Dimas pemain penting di tim kami,” ucap Milla.

“Tapi bila situasinya memungkinkan untuk main dan itulah yang kami mainkan,” tegasnya.

Meski tidai ikut merumput membela Merah Putih, Evan Dimas menekankan teman-temannya tetap punya kans mengalahkan Vietnam. “Teman-teman harus bermain seperti ketika menghadapi Thailand. Jangan sampai ada pikiran Vietnam lebih baik dari kita. Itu namanya kalah sebelum bertanding. Yang penting semua pemain itu saling membutuhkan satu sama lain dan saling mendukung,” ujar Evan Dimas.

Sementara itu, pelatih tim Vietnam, Nguyen Huu Thang, yakin bisa menang atas Tim Merah-Putih. Walau ia tidak yakin tim asuhannya bisa pesta gol lagi, seperti tiga laga sebelumnya. (rizal/bu)