Saturday, 19 October 2019

Tekuk Tuan Rumah Yunani 2-1

Lukaku Bawa Belgia Lolos ke Piala Dunia Rusia

Senin, 4 September 2017 — 7:49 WIB
Romelu Lukaku pahlawan Belgia (reuters)

Romelu Lukaku pahlawan Belgia (reuters)

YUNANI- Berhasil mengalahkan tuan rumah Yunani 1-2 dalam lanjutan kualifikasi Grup H Piala Dunia Zona Eropa membawa Belgia lolos ke Rusia tahun depan.

Adalah Romelu Lukaku penentu kemenangan Belgia pada laga yang digelar di Stadio Georgios Karaiskáki, Piraeus, Yunani, Senin (4/9/2017) dinihari WIB.

Menghadapi tuan rumah Yunani memang bukan laga mudah bagi Belgia yang bertabur bintang. Butuh waktu 70 menit untuk memecah kebuntuan lewat gol Vertonghen lalu dibalar Yunani menit ke-73 lewar Zeca. Lukaku muncul jadi penyelamat dengan golnya pada menit ke-74.

Dengan hasil ini Belgia kokoh di puncak klasemen sementara Grup H setelah mengoleksi 22 poin daru delapan jauh, berjarak delapan angka dari Bosnia-Herzegovina yang berada di bawahnya.

Sedangkan Yunani yang berada di posisi ketiga, baru mengemas nilai 13 sehingga sulit lolos ke babak berikutnya.
Laga Belgia bersus Yunani berjalan alot di babak pertama. Maski kedua tim bermain terbuka namun tidak ada gol yang tercipta. Penyelesaian akhir yang buruk membuar kedua tim bermain imbang hingga masuk ke ruang ganti.

Namun intensitas laga pertandingan meningkat di paruh kedua. Jan Vertonghen membuka skor untuk tim tamu, namun Yunani mampu menyamakan skor tiga menit kemudian ketika Zeca melepaskan tembakan voli first-time dari Georgios Tzavellas.

Namun semenit kemudian, Lukaku melakukan lompatan tinggi untuk menanduk umpan menyilang Thomas Meunier yang bersarang di pojok gawang lawan. Kemenangan ini menempatkan Belgia kukuh di puncak klasemen dan menjadi tim Eropa pertama yang sukses menyegel tiket ke Rusia.

Bosnia-Herzegovina naik ke peringkat dua setelah menang 4-0 atas Gibraltar, dengan Edin Dzeko mencetak brace dan dua gol lainnya dicetak Kenan Kodro serta Senad Lulic.(B)