Tuesday, 22 October 2019

Petani Rumput Laut Terancam Mati Suri

Selasa, 5 September 2017 — 16:55 WIB
Rumput Laut Indonesia

KEPULAUAN SERIBU (Pos Kota) – Petani rumput laut di Kelurahan Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, terancam mati suri. Pasalnya, hingga saat ini mereka kesulitan memasarkan hasil panen rumput laut milik mereka.

Untuk itu mereka berharap kepada pemerintah untuk segera mencarikan solusi untuk mengatasi persoalan ini. Sebab jika terus didiamkan para petani khawatir akan mati suri.

Permintaan ini diungkapkan oleh Gading Solengkar,23, salah seorang petani rumput laut. Ia mengaku saat ini dirinya dan petani rumput laut lainnya bingung mau menjual kemana hasil panennya.

“Selama ini di Pulau Tidung belum ada tengkulak yang mau membeli. Padahal, petani rumput lau di Pulau Tidung setiap panen bisa menghasilkan puluhan hingga ratusan ton per bulannya. Jika seperti ini lama-lama pertani rumput laut yang ada di wilayah ini akan mati suri,” ujar Solengkar, Selasa (5/9/2017).

Untuk itu dia meminta kepada pemerintah untuk secepatnya mencarikan solusi agar kedepan petani rumut laut tidak kesulitan seperti sekarang ini.

Menanggapi permintaan ini, Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Ismer Harahap mengatakan, pihaknya, berniat akan menggandeng investor dan pelaku usaha untuk menggenjot produksi rumput laut yang selama ini sudah berkembang di Pulau Tidung. Diharapkan dengan cara seperti ini hasil panen petani rumput laut dapat langsung di jual.

“Budidayanya rumput laut di Pulau Tidung ini perlu ditingkatkan, kami juga akan mencarikan solusi untuk pemasarannya. Kedepan, kita akan gandeng pihak yang mengerti masalah pemasaran produk rumput laut ini. Mudah-mudaha hal ini tidak lama lagi,” tandasnya. (wandi)

Terbaru

Polwan (berkerudung) mengajak bicara wanita yang ditemukan linglung di Depok.
Selasa, 22/10/2019 — 8:12 WIB
Wanita Necis Ditemukan Linglung di Depok
serakah
Selasa, 22/10/2019 — 7:51 WIB
Serakah, Rakus, Kemaruk
Selasa, 22/10/2019 — 7:42 WIB
Menunggu Kerja Cerdas Kabinet Kerja Jilid II