Monday, 14 October 2019

Giliran Wadir Tipikor Mabes Polri yang Laporkan Novel Baswedan

Rabu, 6 September 2017 — 21:03 WIB
Novel Baswedan.(dok)

Novel Baswedan.(dok)

JAKARTA (Pos Kota) – Giliran Wakil Direktur Tindak Pidana Korupsi (Wadir Tipikor) Bareskrim Polri, Kombes Erwanto Kurniadi yang mempolisikan penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan.

Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto membenarkan adanya terhadap Novel oleh personel Polri dalam kasus pencemaran nama baik. Menurut Setyo, pihaknya sudah mendengar adanya pelaporan tersebut dan ia meminta dilakukan sesuai prosedur yang ada.

“Saya dengar ada laporan ke Polda Metro Jaya, ” kata Setyo di Jakarta Selatan, Rabu (6/9). Pelaporan itu sendiri mempersoalkan pernyataan Novel yang menganggap penyidik KPK yang berasal dari Polri memiliki integritas rendah. Hal tersebut diketahui berdasarkan pernyataan Novel di media massa.

Polisi akan mempelajari laporan tersebut. Bila nantinya tidak memenuhi unsur pidana, maka akan ditempuh melalui jalur Dewan Pers. “Nanti kami lihat perkembangannya kalau memang itu harus ditempuh Dewan Pers, kami sarankan kan kami yang bisa lebih melihat laporan itu nanti dilihat masuk pidana atau tidak,” ujar Setyo.

Sebelum laporan Erwanto, Novel juga dipolisikan oleh Direktur Penyidikan KPK Brigjen Aris Budiman. Tuduhannya adalah pencemaran nama baik atas email yang menyebut Aris tidak integritas dan menyebutnya sebagai Direktur Penyidikan KPK terburuk sepanjang sejarah.

Atas laporan Aris, polisi menyertakan Pasal 27 KUHP Ayat (3) tentang Informasi Transaksi Elektronik dan atau Pasal 310 KUHP tentang Penghinaan dan atau Pasal 311 tentang Pencemaran Nama Baik. (Adji)