Saturday, 16 November 2019

Timnas Indonesia U-18 Lumat Filipina 9-0

Kamis, 7 September 2017 — 20:50 WIB
Philippines vs Indonesia. (twitter @AFFPresse)

Philippines vs Indonesia. (twitter @AFFPresse)

MYANMAR– Indonesia berhasil melumat Filipina 9-0 dalam babak penyisihan Grup B Piala AFF U-18 di Thuwunna Stadium Yangon, Myanmar, Kamis (7/9/2017) malam WIB.

Babak pertama Timnas Indonesia U-18 sudah menang 5-0. Memasuki babak kedua, pemain-pemain Garuda Nusantara tidak membiarkan pemain Filipina berkembang dan berhasil menjebol gawang Filipina empat kali lagi sehingga menang telak 9-0.

Dua gol terakhir diciptakan dua menit jelang bubaran setelah kiper Filipina diganjar kartu merah karena menjatuhkan pemain Indonesia di kotak terlarang. Indonesia juga mendapat hadiah penalti yang mampu diselaikan dengan baik. Pasalnya kiper pengganti yang juga pemain tak mampu menahan sepakan Rafly.

Thuwunna_Stadium

Thuwunna Stadium Yangon, Myanmar (ist)

Satu menit kemudian Indonesia menambah keunggulan jadi 9-0 setelah Resky mampu mencetak gol dengan cara menjatuhkan diri dan penjaga gawang pengganti Filipina Gonzales tak mampu menahan sepakan tersebut.

Pada laga ini  Feby mampu mencetak hattrick alias mencetak tiga gol.

Sejak menit awal Indonesia langsung menekan dan sudah unggul pada menit kedelapan lewat tembakan jarak jauh Feby yang gagal dibendung kiper Filipina. Gol indah itu membawa Indonesia unggul 1-0 atas Filipina.

Gol tersebut memompa semangat pemain-pemain Indonesia. Dan pada menit ke-22 Indonesia kembali menambah gol lewat tembakan Egy. Awalnya Indonesia membangun serangan dari sisi kanan Filipina, tampak pemain belakang lawan kewalahan. Dari sudut sempit Egy mampu menjebol gawang Filipina yang gagal dihentikan kiper Filipina.

Pada menit ke-26 giliran Iqbal yang menambah gol setelah mampu menyelesaikan umpan silang Feby. Indonesia gagal menambah gol ketika Indonesia dihadiahi tendangan penalti setelah pemain belakang Filipina menyentuh bola di kotak terlarang pada menit -31 , Sayang tembakan penalti Asnawi berhasil ditebak Quincy.

Tujuh menit kemudian, tepatnya pada menit ke -38 , Indonesia kembali mendapat hadiah penalti karena dilanggar di kotak terlarang. Dan tembakan penalti Egy melesat mulus ke gawang Quincy. Filipina 0-4 Indonesia.

Sebelum babak pertama berakhir Indonesia kembali unggul, kali ini lewat tembakan bebas Iqbal ke sudut gawang tepat pada menit ke-40.

Memasuki babak kedua Indonesia sempat mengendorkan permainan. Namun pada menit ke-68, Indonesia kembali unggul lewat Feby . Lagi-lagi Feby mencetak gol ketiganya pada menit -8 sehingga Indonesia unggul 7-0.

Petaka semakin menimpa Filipina usai kipernya diusir wasit. Dua gol pun tercipta dalam waktu dua menit. Tentu kemenangan ini membawa Indonesia jadi pemuncak di Grup B setelah meraih enam poin karena sebelumnya menang melawan tuan rumah Myanmar 2-1. Indonesia akan menghadapi tantangan berat 11 September nanti saat menghadapi Vietnam. (B)