Tuesday, 12 November 2019

Pulau Seribu

Kebahagiaan Petani Rumput Laut Saat Bupatinya Perhatian

Minggu, 17 September 2017 — 9:50 WIB
Bupati Kepulauan Seribu dengan menggunakan kapal meninjau langsung budidaya rumput laut. (wandi)

Bupati Kepulauan Seribu dengan menggunakan kapal meninjau langsung budidaya rumput laut. (wandi)

JAKARTA (Pos Kota) – Sebagai bentuk kepedulian terhadap petani rumput laut di sisi utara Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Bupati Kepulauan Seribu, Irmansyah meninjau lokasi budidaya rumput laut.

Kedatangannya ini selain untuk melihat secara langsung keberadaannya juga untuk mencarikan solusi agar kedepan petani ini tidak kesulitan untuk menjual hasil panen.

“Saya melihat potensi budidaya rumput laut di Pulau Tidung cukup bagus, dan saat ini sudah ada 60 petani rumput laut. Makanya ini harus kita kembangkan, mudah-mudahan kedepan produksi rumput laut di sini akan banyak diminati pengusaha,” terang Irmansyah.

Menurutnya, selama ini budidaya rumput laut ini mengaku kesulitan untuk menjual hasil panen. Untuk itu dirinya akan mengajak perusahaan-perusahaan untuk membelinya, diharapkan dengan cara seperti ini kedepan para petani yang ada di Pulau Tidung tidak akan mati suri.

Ke depan dikatakan oleh Bupati, pihaknya akan membuat zonasi khusus untuk para petani budidaya rumput laut di satu tempat, agar tertata rapih dan tidak mengganggu alur pelayaran kapal nelayan. Sebab selama ini keberadaanya sangat mengganggu lalulintas kapal para nelayan.

Sementara itu, Sahlan, 47, salah seorang petani Rumput laut mengaku sangat senang Bupati berjanji akan mempromosikan rumput lsut para petani yang ada di Pulau Tidung. Petani rumput laut ini mengungkapkan kebahagiaannya saat bupatinya memberikan perhatian dengan meninjau langsung.

Menurutnya, selama ini memang para petani sudah berusaha menawar-nawarkan hasil panen miliknya kepada pengusaha. Kehadiran bupati diharapkan menjadi bentuk perhatian dan memberikan solusi pemasaran.

“Kita sudah berusaha menawarkan kesana-kemari namun, sampai saat ini belum ada yang mau membeli. Kedepan dengan ajakan dari Bupati kami sangat berharap hasil panen kami akan habis di beli dan petani rumput laut tidak akan mati suri,”harap Sahlan. (wandi/win)

Terbaru

Lurah Tanah Tinggi, Imran disaksikan Kasatpel Dukcapil Kelurahan Tanah Tinggi, Imron Sumadi dan pejabat lainnya tengah menyerahkan KIA kepada seorang anak. (ist)
Selasa, 12/11/2019 — 14:50 WIB
Layanan Dukcapil di RPTRA Diminati Warga
Direktur  Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan.(ist)
Selasa, 12/11/2019 — 14:12 WIB
Peringatan 1 Desember West Papua
Polri Kedepankan Dialog, Lemkapi: Sangat Arif dan Memberikan Kenyamanan