Sunday, 15 December 2019

Hadapi Praperadilan Novanto, KPK Siap

Selasa, 19 September 2017 — 21:56 WIB
Juru bicara KPK, Febri Diansyah. (dok/julian)

Juru bicara KPK, Febri Diansyah. (dok/julian)

JAKARTA (Pos Kota) -Rabu (20/9), praperadilan yang diajukan Ketua DPR Setya Novanto atas penetapannya sebagai tersangka oleh KPK, digelar. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tetap optimis dan siap menghadapi.

“Kami terus menyiapkan bahan-bahan untuk menghadapi praperadilan tersebut,” kata Juru Bicara KPK Febri, di gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Selasa (19/9/2017).

Secara paralel, lanjut Febri, KPK juga melakukan proses penyidikan dalam kasus e-KTP. Intinya KPK siap untuk menghadapi praperadilan besok. “Kami siap menghadapi (praperadilan). Untuk besok kami akan sampaikan lebih lanjut,” lanjut Febri.

Ditanya apakah KPK tidak ingin meminta penundaan persidangan, Febri menyatakan di persidangan perdana KPK sudah meminta kepada hakim untuk menunda sidang selama tiga minggu. Tapi hakim ternyata hanya mengabulkan penundaan seminggu.

“Dikabulkan satu minggu, tentu saja dalam rencana persidangan besok kita harus melaksanakan apa yang sudah dikatakan oleh hakim, kecuali ada kondisi-kondisi lain,” ujar Febri.

Novanto sebelumnya mengajukan gugatan praperadilan atas penetapan tersangka oleh KPK dalam kasus korupsi E-KTP. Dia ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK 17 Juli 2017 lalu.(us)