Monday, 16 December 2019

Ridho Roma Divonis Hakim Harus Direhabilitasi

Selasa, 19 September 2017 — 18:36 WIB
Ridho Roma bersama ayahnya Rhoma Irama menerima putusan hakim

Ridho Roma bersama ayahnya Rhoma Irama menerima putusan hakim

JAKARTA (Pos Kota) – Setelah menjalani serentetan persidangan, akhirnya pedangdut Muhammad Ridho alias Ridho Roma divonis hakim untuk menjalani rehabilitasi di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur selama enam bulan.

Dalam putusannya, majelis hakim menilai bahwa Ridho tidak terbukti secara sah melanggar tindak pidana dalam dakwaan primer. Namun, terbukti melangar Pasal 127 ayat 1 huruf (a) tentang penyalahgunaan narkotika golongan 1 untuk diri sendiri.

“Menjatuhkan pidana kepada terdakwa tersebut dengan pidana selama sepuluh bulan dikurangi masa tahanan yang telah dijalani terdakwa dari pidana yang telah dijatuhkan,” kata Hakim Ketua Edison dalam saat membacakan putusan di ruang sidang Kusumah Atmadja Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Selasa, (19/9/2017).

“Menetapkan kepada terdakwa untuk menjalani pengobatan dan atau perawatan baik rehab medis atau rehab sosial di RSKO Cibubur selama enam bulan dan sepuluh hari,” lanjutnya.

Edison juga memerintahkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) segera mengeluarkan Ridho dari tahanan untuk menjalani rehab. Sementara Ridho dibebankan membayar biaya perkara sebesar Rp2.000,-.

Menurut majelis hakim, hal yang memberatkan karena terdakwa tidak mendukung program pemrintah yang sedang gencar memberantas peredaran narkotika. Sementara hal yang meringangkan karena terdakwa mengakui kesalahan dan berjanji tidak akan mengulangi kesalahan dikemudian hari serta masih muda sehingga masih bisa merubah diri.

Mendengar putusan tersebut Ridho langsung memutuskan untuk menerima, sedangkan JPU mengaku masih akan pikir-pikir.

Usai hakim mengetuk palu, Ridho tidak kuasa menahan tangis haru setelah bisa bernafas lega. Sementara sang ayah, Roma Irama yang setia mendengarkan kata demi kata putusan majelis langsung menyambut Ridho dengan memberikan pelukan hangat, tepuk tangan dari pengunjung sidang menambah suasana menjadi tambah haru.

“Terimakasih semuanya atas doanya, saya rasa keputusan ini sudah adil buat saya,” kata Ridho.

Sementara Roma Irama berterimakasih kepada seluruh orang yang terlibat untuk memberikan semangat dan dukungan terhadap putranya tersebut. “Mudah-mudahan ini menjadi pelajaran berharga buat Ridho,” katanya. (Yendhi)