Tuesday, 19 November 2019

Warga Desak Turap Kali Licin Ambrol Segera Diperbaiki

Selasa, 19 September 2017 — 8:54 WIB
Beton pembatas atau turap Kali Licin yang ambrol dan membuat gang atau jalan lingkungan di RW 02, Mampang terlihat longsor dan retak-retak. (anton)

Beton pembatas atau turap Kali Licin yang ambrol dan membuat gang atau jalan lingkungan di RW 02, Mampang terlihat longsor dan retak-retak. (anton)

DEPOK (Pos Kota) – Sejumlah warga yang bermukim di lingkungan RW 02, Kelurahan Mampang, Pancoran Mas mendesak jajaran Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok memperbaiki beton pembatas atau turap di Kali Licin yang sempat longsor beberapa waktu lalu untuk menghindari tanah pinggir kali longsor.

“Kami berharap turap atau beton pembatas kali dengan jalan lingkungan serta rumah warga diperbaiki atau dibangun lagi antisipasi banjir luapan Kali Licin saat ada kiriman air dari wilayah Citayam,” kata Ny. Dudung, warga RW 02, Mampang.

Kondisi turap atau beton pembatas kali sudah beberapa waktu lalu ambrol sehingga sebagian badan jalan atau gang lingkungan warga ikut retak, tuturnya bahkan warga khawatir bila ada luapan air kiriman dari Citayam lingkungan mereka bakal terkena imbas luapan air dari kali tersebut bahkan dikhawatirkan bakal longsor jika tidak secepatnya ditangani atau diperbaiki.

Maman, warga lainnya, menambahkan kondisi badan Kali Licin saat ada kiriman air dari wilayah Citayam kerap meluap hingga ke rumah warga yang berdiri persis tak jauh dari pinggir kali.

“Perlu diperbaiki dan dibuat lagi tanggul kali yang ambrol tersebut agar air tak meluap ke rumah warga sekitar,” tuturnya yang perlu diperhatikan adalah kondisi tiang jembatan penyeberangan yang ada jika tidak dibuat pembatas khawatir tiang jembatan tergerus air dan dapat roboh.

Ambrol atau longsornga beton pembatas Kali Licin dengan lingkungan warga kemungkinan pondasi dibagian bawah yang dikerjakan pemborong dua tahun lalu tidak kuat menahan beban dan dikerjakan seenaknya sehingga hanya bertahan dua tahun saja, tuturnya yang berharap pihak DPUPR Kota Depok kembali memeprbaiki dan kalau pun dikerjakan hendaknya memilih pemorong yang profesional bukan abal-abal.

(anton/sir)