Sunday, 17 November 2019

Warna Pelat Kendaraan Akan Diganti

Selasa, 26 September 2017 — 21:23 WIB
Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa

Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa

JAKARTA (Pos Kota) –Warna pelat nomor mobil yang semula warna hitam akan diubah. Perubahan akan dilakukan secara bertahap terutama untuk kendaraan baru. Sedangkan untuk kendaraan lama warna pelat nomor mobil akan dipertahankan dengan warna hitam.

Menurut Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa, perubahannya bertahap. “Jika sudah lima tahun baru nanti akan diganti ke pelat warna semua,” katanya dalam Kuliah Umum di Balairung Universitas Indonesia (UI), Depok, Selasa (26/9).

Recana tahap awal akan dilakukan pada 2019 sambil dilakukan pembangunan sarana dan infrastruktur. Mulai dari revisi regulasi hingga sarana fisik berupa CCTV. “Saat ini tahap wacana menuju ke sana. Realisasi bertahap di 2019 rencananya,” kata Royke.

Perubahan warna pelat kendaraan ini sebenarnya untuk menerapkan penegakan electronic law enforcement (e-lay). Kendala yang dihadapi saat ini, kata Royke, CCTV sulit menangkap pelat kendaraan jika warna dasarnya hitam.

“Fungsi TNKB adalah identifikasi kendaraan. Bagaimana caranya (menangkap) kalau pelat tidak mudah dikenali oleh elektronik (CCTV),” paparnya. Karenanya, perubahan pelat nomor kendaraan ini adalah untuk mendukung e-tilang.

“Jadi ini (pelat warna) akan jadi sempurna kalau salah satu syaratnya yaitu pelat warna bisa dideteksi,” pungkasnya.(us)

Terbaru

Benny K Harman. (rizal)
Minggu, 17/11/2019 — 23:58 WIB
Demokrat Tolak Amandemen UUD 1945
Lutfi JW. (mia)
Minggu, 17/11/2019 — 22:00 WIB
Bersama Roy Kiyoshi
Ruben Onsu Disarankan Undang Penuduh Pesugihan Makan Siang Bersama