Wednesday, 23 October 2019

Warga Bojonggede Senang Bisa Urus Perpanjangan Sim di Mobil Simling

Selasa, 3 Oktober 2017 — 14:42 WIB
Meski mau tutup pendaftaran Simling warga masih antri untuk melakukan perpanjangan SIM di Jalan Tegar Beriman Bojonggede. (ANGGA)

Meski mau tutup pendaftaran Simling warga masih antri untuk melakukan perpanjangan SIM di Jalan Tegar Beriman Bojonggede. (ANGGA)

DEPOK (Pos Kota) – Warga sambut hangat beroperasinya mobil SIM Keliling (Simling) tambahan dari Satlantas Polresta Depok yang  menyasar warga yang tinggal jauh dari perkotaan .

Adi (26), warga Bojonggede mengatakan dirinya sangat terbantu dengan kehadiran Simling di daerah Bojonggede. Selain mudah juga dapat menghemat waktu.

“Sangat terbantu sekali dengan keberadaan Simling Polresta Depok di daerah Jalan Tegar Beriman, Bojonggede. Sekarang tidak harus ke Polresta Depok lagi, kalau hanya perpanjang cukup di Simling aja cepat dan mudah,”ujarnya kepada Poskota usai memberikan formulir dan cek kesehatan kepada petugas di lokasi, Selasa (3/10/2017) siang.

Karyawan  di Jakarta ini mengungkapkan, untuk melakukan perpanjangan SIM di Simling  juga tidak memakan banyak waktu.

“Cukup lima menit perpanjang SIM C dan A langsung jadi. Selain itu tidak ngantri pelayananan cepat dari petugas yang berjaga,”katanya.

Hal senada dikatakan Amri,45, warga Bojonggede ini . Biaya dalam perpanjangan SIM di Simling sesuai juga Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

“Saya kebetulan punya SIM A dan C karena kejauhan kalau perpanjang di Polres Depok. Jadi saya ke Simling saja dan untuk harga perpanjangan SIM A Rp. 80.000, dan SIM.C Rp.  75 ribu,”tambahnya.

Amri berharap kepada petugas untuk disosialisasikan supaya warga Bojonggede yang lain agar bisa mengetahui keberadaan Simling ini.

“Saya tahu kebetulan saat akan mau berangkat kerja melihat ada mobil simling dari Polresta Depok terpakir di pertokoan pinggir Jalan Tegar Beriman, Bambu Kuning, Bojonggede. Pas memang kebetulan kedua SIM saya mau habis diperpanjang,”paparnya.

Sementara itu Kasat Lantas Polresta Depok Kompol Sutomo mengatakan penambahan kendaraan operasional Simling ini bertujuan sebagai salah satu bentuk pelayanan prima dalam memberi kemudahan bagi pemohon yang ada di daerah pelosok  Kota dengan mudah dapat memperpanjang SIM.

“Sesuai perintah pimpinan Kapolresta Depok Kombes Herry Heriawan terus tingkatkan dalam pelayanan prima kepada masyarakat. Untuk itu dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat kita menambah satu unit Simling dengan sasaran daerah pelosok-pelosok jauh dari Kota,”katanya didampingi Kanit Regident Polresta Depok AKP Rieki saat  meninjau Simling baru di Jalan Tegar Beriman  Desa Bambu Kuning, Bojonggede, Kab.Bogor.

Mantan Kanit Regident Polresta Depok ini menjelaskan  baru dua hari Simling beroperasi di Jalan Tegar Beriman, tercatat sudah ada sebanyak 50 orang pemohon yang melakukan perpanjangan SIM.

“Rata-Rata kebanyakan yang datang pemohon warga Bojonggede. Dan paling banyak melakukan perpanjangan SIM C,”tuturnya.

Sementara itu Kanit Regident  Polresta Depok AKP Rieki menambahkan untuk jadwal operasional armada Simling yang baru setiap dua hari akan dilakukan di daerah Tapos, dan Bojongsari.

“Untuk operasional Simling untuk daerah pelosok Senin sampai Selasa di Jalan Tegar Beriman Bojonggede, Rabu sampai Kamis kantor Kecamatan Bojongsari, lalu Jumat sampai Sabtu di kantor Kecamatan Tapos. Untuk mulai buka pelayanan sekitar pukil 08:00 sampak 12.00 WIB,”beber perwira jebolan Akpol 2006 ini. (Angga/M3/tri)