Tuesday, 10 December 2019

Hari Ini Terakhir Daftar Parpol Calon Peserta Pemilu, KPU Serentak Begadang

Senin, 16 Oktober 2017 — 11:19 WIB
Pengecekan dokumen Partai Golkar dan PDIP Kota Bekasi di Kantor KPU Kota Bekasi, Jalan RA Kartini Kota Bekasi. (ist)

Pengecekan dokumen Partai Golkar dan PDIP Kota Bekasi di Kantor KPU Kota Bekasi, Jalan RA Kartini Kota Bekasi. (ist)

JAKARTA (Pos Kota) – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) se-Indonesia akan begadang hingga Senin (16/10/2017) tengah malam, tepatnya pukul 24:00 Wib. Hal itu dilakukan serentak pada batas akhir pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2019.

Kesibukan di sejumlah Kantor KPU menjelang batas akhir meningkat tajam, seperti halnya di Kantor KPU Kota Bekasi, Jawa Barat dan sejumlah kantor KPU lainnya. Komisoner beserta seluruh staf dan pendukung bekerja maksimal, sejak tanggal 3 Oktober hingga 16 Oktober 2017.

Yayah Nahdiyah, anggota KPU Kota Bekasi, mengakui frekuensi kerja meningkat saat menjelang batas akhir pendaftaran, sementara awal waktu pendaftaran sepi. Alasan pengurus parpol masih melengkapi dokumen persyaratan dan memanfaatkan waktu batas akhir pendaftaran.

 
cek

Pengecekan berkas persyaratan keanggotaan partai  Perindo, Partai Berkarya dan Gerindra di Kantor KPU Kota Bekasi, Jawa Barat. (ist)

Pihak KPU tingkat kota/kabupaten melakukan pengecekan dokumen setiap parpol yang menjadi calon peserta Pemilu 2019. Antara lain mengenai jumlah daftar nama dan salinan KTA (Kartu Tanda Anggota) dan salinan KTP/Surat keterangan (Suket)  harus sama dengan yang tercantum dalam sistem informasi partai politik (Sipol).

Untuk tingkat Kota Bekasi, sejumlah parpol telah dinyatakan lengkap berkasnya, namun masih banyak juga harus dilengkapi. Batas waktu terakhir  hingga tengah malam ini. “Sudah ada beberapa parpol yang sudah lengkap dan mendapat TT (tanda terima),” jelas Yayah Nahdiyah, Mantan Ketua Panwaslu Kota Bekasi ini.

 

cek-1

Petugas KPU Kota Bekasi tengah memeriksa berkas persyaratan parpol menjadi peserta Pemilu 2019 mendatang. (ist)

Umumnya pengurus parpol menyerahkan dokumen ke KPU secara serentak. Tingkat pusat hingga ke tingkat kota/kabupaten dan provinsi.

Berdasar data di KPU hingga Minggu (15/10/2017) pukul 21:00 Wib, parpol yang sudah diterima dan belum bekas  pendaftarannya sebagai berikut:

1. Perindo
2. PSI
3. PDIP
4. Hanura
5. Nasdem
6. PAN
7. PKS
8. Gerindra
Berkas yang masih dalam proses:

1. Partai Berkarya
2. Partai Republik
3. PPP
4. Partai Garuda
5. Partai Bhineka Indonesia

(syamsir)

Daftar lengkapnya sebagai berikut:

status pendaftaran parpol
status pendaftaran parpol 1