Sunday, 17 November 2019

Saat Berada di Puncak Karir Penyanyi Dangdut Via Vallen Mulai Digoyang Isu Tidak Sedap

Rabu, 18 Oktober 2017 — 6:32 WIB
Via Vallen raih penghargaan Penyanyi Dangdut Wanita Terpopuler di ajang Indonesian Dangdut Awards 2017. (instagram)

Via Vallen raih penghargaan Penyanyi Dangdut Wanita Terpopuler di ajang Indonesian Dangdut Awards 2017. (instagram)

JAKARTA (Pos Kota) – Penyanyi dangdut yang sedang naik daun Via Vallen, dituding telah melakukan plagiat terhadap lagu berjudul ‘Sayang’ yang liriknya sama persis dengan lagu Jepang berjudul ‘Kiroro Mirae’ yang hits di era 1990 an.

Lagu ‘Sayang’ dirilis 24 Februari 2017, sering diputar di radio atau televisi. Bahkan lagu itu sangat terkenal, sehingga video ‘Sayang’ ditonton lebih dari 63 juta di situs berbagi video YouTube sampai hari ini.

Sekalipun demikian Via Vallen mengaku bangga atas lagu yang kini digemari masyarakat Indonesia.

“Saya senang banget, terlebih lagu saya yang bernuansa dan berbahasa Jawa itu, tidak hanya dinyanyikan oleh masyarakat Jawa tetapi juga di luar Jawa,” tutur penyanyi kelahiran Surabaya 1 Oktober 1991 ini, kemarin.

Via Vallen juga mengaku terkejut dengan pementasan dirinya di Pontianak, Kalimantan Barat, pasalnya penonton ricuh lantaran pagar roboh.

“Ada 10 orang yang luka, mereka nggak tawuran, tapi ingin masuk nonton saya. Korban luka itu saya kunjungi ke rumah sakit,”kenangnya.

Berkat kesuksesan lagunya tersebut, Via Vallen juga berhasil mendapatkan penghargaan bergengsi sebagai ‘Penyanyi Dangdut Solo Wanita Terpopuler’ versi Indonesian Dangdut Awards 2017. Penyanyi bernama lengkap Maulidia Octavia ini mengalahkan Ayu Ting Ting.

Sekedar diketahui lagu Jepang berjudul “Kiroro Mirae’ dirilis 1998 silam. Namun baru mulai diunggah di YouTube sekitar tahun 2004-an. Lagu ‘Kiroro Mirae’ dinyanyikan oleh duo Kiroro, ada di album Nagai Aida yaitu Kiroro no Mori. Lagu itu juga diadaptasi ke Pop Mandarin dengan judul ‘Haolai’

Bagi penggemar budaya pop Jepang, lagu ini tak asing lagi di telinga karena dianggap sebagai legenda. Akhirnya, banyak fans yang menuding lagu ‘Sayang’ melakukan plagiat terhadap lagu ‘Kiroro Mirae’.

(Baca: Ini Bukti Via Vallen Ngetop Abis!)

Setelah didengar, di awal lagu ‘Sayang’ memang sekilas melodi atau kord lagu agak mirip dengan ‘Kiroro Mirae’. Bedanya, lagu ‘Sayang’ memiliki tempo yang lebih cepat dengan musik dangdut. Di bagian tengah lagu berbahasa Jawa itu juga ada imbuhan rap. Sementara, ‘Kiroro Mirae’ terdengar lembut dengan dominasi alunan piano.

Banyaknya netizen mencemo’oh Via Valen, namun ia tak bergeming, bahkan mengalihkan pembicaraan dengan berkomentar soal kehidupan pribadinya.

“Saya sekarang umurnya 26 tahun, sampai saat ini belum punya keinginan untuk nikah karena ingin fokus ke karir dulu, saya berharap kedepannya lagu saya kembali digemari masyarakat tanpa harus menimbulkan pro dan kontra,”paparnya.

Via Valen juga mengaku siap jika ada produser yang akan membikinkan album ataupun tawaran lainbta di dunia entertainment.

“Kalau ada yang nawarin main film juga boleh, selama masih dunia hiburan saya mau menjalaninya dengan baik dan totalitas,”tandas Via Vallen. (mia/d)