Wednesday, 20 November 2019

Dampak SSA Depok, Jalan Cagar Alam – Dipo KRL Rusak Parah

Kamis, 9 November 2017 — 14:12 WIB
Kondisi kerusakan badan Jl. Flamboyan dekat Hutan Lindung Cagar Alam menuju Dipo KRL Depok yang minta diperbaiki. (anton)

Kondisi kerusakan badan Jl. Flamboyan dekat Hutan Lindung Cagar Alam menuju Dipo KRL Depok yang minta diperbaiki. (anton)

DEPOK (Pos Kota) – Warga RW 03 dan 04, Pancoran Mas, mendesak jajaran Pemkot Depok memperbaiki kerusakan badan jalan alternatif Flamboyan yang menghubungkan Dipo kereta Rel Listrik Depok dan Cagar Alam karena kondisinya sangat memprihatinkan.

“Kondisi badan jalan ini sangat memprihatinkan dan hampir setiap hari ribuan kendaraan sepeda motor dari arah Pitara menuju Citayam melintas di Jl. Raya Flamboyan yang menjadi jalan alternatif utama bagi mereka setiap hari selama 24 jam,” kata Ny. Rohayati, warga RW 04, Kel. Pancoran Mas, Depok, Kamis (9/11).

Sebetulnya permintaan perbaikan jalan sudah dilakukan warga sekitar melalui Musrenbang tingkat kelurahan dan kecamatan beberapa waktu lalu sebelum jembatan anak Kali Krukut diperbaiki. Namun, usulan itu sampai saat ini belum ada jawaban sama sekali bahkan kondisi badan jalan semakin rusak parah, ujar ibu dua anak ini.

Hal serupa dikatakan Heru, warga Pitara, yang mengaku jalan ini menjadi jalan utama pemakai kendaraan sepeda motor karena lebar jalan hanya 2,5 meter kalau pun roda empat melintas hanya mobil kecil saja dan dipergunakan warga selama 24 jam penuh.

Terlebih ruas Jl. Raya Dewi Sartika kini menjadi jalan Sistem Satu Arah (SSA) sehingga warga lebih cepat melintas di Jl. Flamboyan baik kearah Citayam maupun Pitara persis melalui samping Hutan Lindung Cagar Alam, Depok. “Ini dampak diberlakukan SSA,” ujarnya.

Rusaknya semakin parah, tambah dia, yang berharap Pemkto Depok secepatnya memperbaiki karena jalan ini menjadi jalan utama warga dari arah Dipo KRL atau Citayam menuju Pitara maupun sebaliknya. “Paling tidak ada upaya perbaikan sedikit di badan jalan tersebut,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, Manto D, mengatakan secepatnya akan di cek kelapangan berkaitan kerusakan Jl. Flamboyan dekat Hutan Lindung Cagar Alam tersebut. Bila memang mungkinkan akan diperbaiki seadanya, tuturnya namun bila tidak tentunya harus ada pengajuan atau usulan dari warga diajukan melalui Musrenbang tingkat kelurahan dan kecamatan. (anton/win)