Sunday, 13 October 2019

Demokrat Gamang Pilih Sosok Capres dan Cawapres 2019

Jumat, 10 November 2017 — 14:48 WIB
Agus Harimurti Yudhoyono bersama Presiden Jokowi.(instagram)

Agus Harimurti Yudhoyono bersama Presiden Jokowi.(instagram)

JAKARTA (Pos Kota) – Partai Demokrat gamang menentukan sosok bakal calon (balon) presiden dan wakil presiden menjelang pemilihan umum presiden (pilpres) 2019.

Pasalnya, putra mahkota Agus Harymurti Yudhoyono (AHY) masih terus menaikkan elektabilitasnya.

“Dari beberapa survei yang kami amati posisi AHY memang kecil persentasinya tetapi selalu bertengger pada urutan ke-3 setelah Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

Atau, di atas Cak Imin (ketum Partai Kebangkitan Bangsa) dan Bang Zul (ketum Partai Amanat Nasional, Zulkifli Hasan),” ujar Ketua DPP Demokrat, Jansen Sitindaon, di Media Center Parlemen di Jakarta, Jumat (10/11).

Karena itulah, ia beralasan, partainya memiliki catatan tersendiri baik terkait Capres maupun Cawapres karena ketergantungan partai politik terhadap batasan Parliament / Presiden Threeshold (PT) yang 20% atau 25%.

Khusus Cawapres, katanya, Demokrat menjagokan AHY, Soekarwo (mantan Gubernur Jawa Timur), dan Tuan Guru Bajang (Zainul Majdi, Gubernur Nusa Tenggara Barat).

“Sebagai penyeimbang, partai Demokrat menempatkan diri berada posisi tengah dimana menyelaraskan partai yang di kanan atau partai yang di kiri. Artinya, kami dalam posisi fleksibel,” tandasnya.
(rinaldi/sir)