Thursday, 12 December 2019

Prasetyo Lantik Sembilan Eselon I, Arminsyah Wakil Jaksa Agung

Rabu, 15 November 2017 — 19:38 WIB
Jaksa Agung lantik Arminsyah sebagai Wakil Jaksa Agung dan delapan pejabat eselon satu lainnya.

Jaksa Agung lantik Arminsyah sebagai Wakil Jaksa Agung dan delapan pejabat eselon satu lainnya.

JAKARTA (Pos Kota)  – Jaksa Agung M Prasetyo melantik sembilan pejabat eselon I (satu). Jaksa Agung mengaku dirinya hanya mengusulkan tiga nama untuk setiap jabatan eselon satu,  tapi yang menentukan Presiden sebagai Ketua Tim Penilai Akhir dengan anggota sejumlah kementerian terkait.

“Jadi tidak tiba-tiba.  Ada prosesnya, ” tegas Prasetyo menjawab pertanyaan wartawan tentang penentuan pejabat eselon satu, usai melantik sembilan pejabat eselon satu, di Kejaksaan Agung,  Rabu (15/11).

Dia berharap dengan diisinya semua jabatan di lingkungan Kejagung, maka kinerja Kejaksaan akan dapat lebih ditingkatkan ke depannya.

“Sekarang ini,  penanganan hukum bukanlah mudah dan ringan,  tapi pelik. Juga kejahatan baru, selain perubahan regulasi dan perlawanan dari koruptor, baik secara yuridis maupun non-yuridis,  jelas Prasetyo.

Arminsyah Wakil Jaksa Agung

Salah satu jabatan eselon satu yang diisi adalah Wakil Jaksa Agung,  yang lama lowong sejak ditinggalkan Andhi Nirwanto, sejak 1 Pebruari 2016. Jabatan itu diisi oleh Arminsyah, mantan Jaksa Agung Muda (JAM)  Pidana Khusus (Jampidsus).

Selanjutnya, Jampidsus diduduki Adi Toegarisman,  yang sebelumnya adalah JAM Intel yang kini ditempati Yan S  Maringka, yang sebelumnya adalah Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati)  Sulsel.

Lalu,  JAM Pengawasan diduduki M  Yusni yang sebelumnya Plt Kepala Badan Diklat Kejaksaan yang kini diduduki Setia Untung Arimuladi.  Untung sebelumnya Sekretaris JAM Intel.

JAM Pengawasan sebelumnya Widy Pramono memasuki masa pensiun bersama JAM Perdata dan Tata Usaha Negara Setyo Bambang Wahyudi yang pensiun,  1 September 2017. Tempat JAM Perdata dan Tata Usaha Negara ditempati Loeke Larasati Agoestina,  yang sebelumnya Kajati Jabar.

Sebagaimana Keputusan Presiden Nomor 122/PPA/2017 tanggal 31 Oktober 2017, pejabat yang dilantik lainnya,  adalah tiga orang staf ahli Jaksa Agung yakni Agus Riswanto sebagai staf ahli bidang intelijen, Feri Wibisiono sebagai staf ahli pembinaan dan Sudung Situmorang sebagai staf ahli bidang Pidana Khusus. (ahi/win)