Thursday, 05 December 2019

Puluhan Kucing Liar di Rusun Tanah Tinggi Ditangkapi

Jumat, 17 November 2017 — 21:15 WIB
Puluhan kucing liar di Rusun Tanah Tinggi, ditangkapi petugas Sudin KPKP Jakarta Pusat. (deny)

Puluhan kucing liar di Rusun Tanah Tinggi, ditangkapi petugas Sudin KPKP Jakarta Pusat. (deny)

JAKARTA (Pos Kota) – Puluhan kucing liar di kawasan Rusun  Tanah Tinggi, Johar Baru, ditangkapi petugas Sudin Kelautan Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Pusat, Jumat (17/11). Penangkapan dilakukan lantaran keberadaanya dikhawatirkan dapat menyebarkan virus rabies.

“Tentunya selain adanya laporan warga masyarakat, penangkapan kucing liar ini untuk mencegah terjadinya rabies yang disebabkan oleh gigitan kucing-kucing liar tersebut,” ucap Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Pusat, Bakwan F.Ginting.

Menurutnya, penangkapan terhadap kucing-kucing liar tersebut, juga sesuai dengan Perda No.11/1995 tentang pengawasan hewan rentan rabies sekaligus mempertahankan predikat DKI Jakarta bebas rabies sejak 2004 lalu.

Sementara itu, Kepala Sudin KPKP Jakarta Pusat, Bayu Sari Hastuti, menambahkan sebanyak 34 ekor kucing liar berhasil ditangkap dari dalam Rusun Tanah Tinggi. “Dan untuk menangkapi kucing-kucing liar ini, sebanyak 15 petugas kita kerahkan,” ungkapnya.

Selanjutnya, sambung Bayu, puluhan kucing liar tersebut dibawa ke ke Balai Observasi Hewan di Ragunan untuk divaksin dan dirawat. “Nantinya setelah menjalani perawatan bila ada masyarakat yang ingin mengadopsinya kami persilahkan,” jelasnya. (deny/win)