Wednesday, 16 October 2019

Yang Belum Kembalikan Mobil Dinas, Anggota DPRD Bekasi Diminta Kesadarannya

Kamis, 23 November 2017 — 7:20 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

BEKASI (Pos Kota) – Pemerintah Kota Bekasi menarik kendaraan dinas anggota DPRD kemudian digantikan tunjangan transport sebesar Rp 15 juta per bulan.

Saat ini sudah banyak kendaraan dinas anggota dewan yang diparkir di halaman DPRD Kota Bekasi. Sebenarnya batas pengembalian kendaraan dinas 20 November kemarin. Namun masih banyak anggota yang belum mengembalikan.

“Masih ada anggota yang belum mengembalikan. Alasannya karena masih dipakai dan belum ada penggantinya. Ya kita tunggu aja,” kata Sopandi Budiman, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bekasi.

Penarikan kendaraan itu dilakukan karena nantinya akan digantikan dengan tunjangan. Setiap anggota DPRD mendapat tunjangan sebesar Rp 15 juta per bulan untuk transportasi.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Bekasi, Ariyanto Hendrata membenarkan kalau kendaraan operasional sangat dibutuhkan. Namun dia menyebut akan taat peraturan dan segera mengembalikan.

Dia memikirkan dengan tunjangan transportasi sebesar Rp 15 juta setiap bulan, dia berencana menyewa mobil rental untuk menunjang pekerjaannya sebagai anggota legislatif.

Saat ini tersisa 19 bulan masa jabatan. Para anggota DPRD ini tengah berhitung untuk mengganti kendaraan dinas dengan menyewa atau mengambil kredit kendaraan.

Mobil wakil rakyat yang diparkir di halaman Kantor DPRD Kota Bekasi terdapat berbagai merk, seperti Toyota jenis Kijang Innova tahun produksi 2015-2016.

Berdasarkan data yang diperoleh ada 17 dari 46 kendaraan dinas yang sudah dikembalikan. Artinya masih ada sebanyak 29 kendaraan yang belum dikembalikan. Kendaraan yang ditarik ini akan didistribusi untuk memenuhi kebutuhan kendaraan bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD). (chotim)