Wednesday, 23 October 2019

Persaingan Ketat di Serie A Italia, Napoli Kembali Rebut Puncak Klasemen

Senin, 27 November 2017 — 1:55 WIB
Pemain-pemain Napoli rayakan kemenangan atas  Udinese (reuters)

Pemain-pemain Napoli rayakan kemenangan atas Udinese (reuters)

ITALIA- Napoli hanya mampu menang 1-0 atas Udinese dalam lanjutan Serie A Liga Italia di Dacia Arena, Minggu malam. Meski demikian Napoli kembali mampu ke puncah klasemen sementara menggusur Inter Milan yang hanya sehari merasakannya.

Hingga laga ke-14 di Serie A persaingan di posisi atas terus ketat. Napoli hanya berjarak lima poin dari Inter Milan dan berjarak tujuh poin dari Juventus yang baru bermain 13 kali.

Demikian juga AS Roma yang tertahan 1-1 di kandang Genoa sudah mengemas 31 poin dari berada di posisi keempat.

Sementara bagi Udinese kekalahan dari Napoli membuat mereka tertahan di posisi ke-14 dengan nilai 12.–

Napoli sejak menit awal langsung menyerbut Udinese. Sebab hanya kemenangan yang akan membawa mereka kembali ke puncak klasemen.

Sejumlah peluang diperoleh Napoli, di antaranya dari tembakan Marek Hamsik yang masih terlampau lemah dan sepak bebas Dries Mertens yang masih membentur pagar betis.

Banyak peluang yang mereka lakukan namun baru bisa memecah kebuntuan pada menit ke-33 lewat tendangan penalti.

Wasit menghadiahkan penalti kepada Napoli setelah Gabriele Angella melanggar Christian Maggio di kotak terlarang. Namun Jorginho yang jadi algojo sepakannya awalnya bisa dimentahkan kiper Simone Scuffet, namun sang gelandang langsung menyodok masuk bola rebound untuk memecahkan kebuntuan. Hasil 1-0 berakhir hingga babak pertama usai.

Napoli melanjutkan dominasi di babak kedua. Sayang peluang Napoli banyak yang dimentahkan ole kiper dan pemain belakang tuan rumah. Seperti ketika bek Udinese Samir mampu memblok tendangan Mertens dan Hamsik dengan tubuhnya mencegah tim tamu menambah keunggulan. Sementara, upaya Jose Callejon terlalu ke tengah sehingga gagal menyultkan Scuffet.

Udinese yang hampir tanpa kans sempat memaksa kiper Pepe Reina beraksi melakukan penyelamatan terhadap tendangan jarak jauh Antonin Barak, tetapi secara keseluruhan laga ini dalam kendali Napoli.

Sementara itu Roma harus puas bermain imbang 1-1 saat bertandang ke markas Genoa di Stadio Comunale Luigi Ferraris.

Unggul pada menit ke-59 lewat gol El Shaaraway bisa disamakan oleh Lapadula pada menit ke-70 lewat tendangan penalti.

Berawal dari tendangan sudut untuk tuan rumah, De Rossi menarik jersey Lapadula kemudian terlihat menampar wajah pemain lawan dengan tangan lainnya. Kejadian ini tertangkap kamera dan ketika dilihat melalui VAR, wasit memberi keputusan tegas: penalti dan kartu merah.

Lapadula menjadi eksekutor dan mengonversi peluang tersebut untuk mencetak gol penyeimbang.

Di sisa lima menit pertandingan, kedua tim melakukan berbagai cara untuk mencetak gol kemenangan, namun tidak ada tambahan hingga wasit meniup peluit akhir.(B)