Friday, 06 December 2019

Wakapolda Luncurkan SKCK dan SIP Online di Polresta Depok

Senin, 4 Desember 2017 — 13:17 WIB
Wakapolda Metro Jaya Brigjend Purwadi didampingi Kapolresta Depok Kombes Herry Heryawan bersama Deputi Pelayanan Publik Kemenpan dan Wakil Walikota berkomunikasi dengan masyarakat pengguna SKCK Online di Satintelkam Polresta Depok. (Angga)

Wakapolda Metro Jaya Brigjend Purwadi didampingi Kapolresta Depok Kombes Herry Heryawan bersama Deputi Pelayanan Publik Kemenpan dan Wakil Walikota berkomunikasi dengan masyarakat pengguna SKCK Online di Satintelkam Polresta Depok. (Angga)

DEPOK (Pos Kota) – Wakapolda Metro Jaya Brigjend Drs Pol Purwadi Arianto meluncurkan SKCK Online dan Sistem Informasi Penyidikan (SIP) Satreskrim Polresta Depok Online di Mapolresta Depok, Senin (4/12). SKCK adalah Surat Keterangan Catatan Kepolisian.

Menurut Wakapolda Metro Jaya, Brigjend Drs Purwadi mengatakan inisiasi dari Kapolresta Depok Kombes Herry Heryawan dengan membuat SKCK Online dan SIP Online ini merupakan wujud dari program Kapolri penerapan Profesional, Modern, Terpercaya (Promoter).

“Setelah dua program unggulan pelayanan Polresta Depok yang sudah berjalan yaitu Halo Polisi dan Panic Button. Kini ada SKCK dan SIP Online dalam memberikan kemudahan masyarakat dalam proses pelayanan lebih mudah, singkat, cepat, akurat,”ujarnya kepada Poskota di lokasi acara.

Selain itu orang nomor dua dalam jajaran Polda Metro Jaya ini menambahkan sesuai kebijakan Presiden terkait revolusi mental, melihat pelayanan di Polresta Depok sudah lebih baik yaitu dengan menjadi memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Pandangan polisi sekarang sudah beda jauh yang dulu polisi menjadi raja, kini berubah polisi sebagai pelayan masyarakat. Polisi raja sudut pandang tersebut kini sudah tidak ada,” katanya.

“Dalam mewujudkan kamtibmas kondusif polisi tidak dapat bekerja sendiri, dapat bersinergi dengan pemerintah dan stakholder khususnya juga dalam pelayanan,” ujarnya.

Sementara itu Kapolresta Depok Kombes Herry Heryawan akrab dipanggil Herrimen ini menjelaskan SKCK Online yaitu masyarakat dapat langsung mengakses situs lalu melakukan pendaftaran. Selain itu SIP Online juga bertujuan dapat memberikan informasi pengembangan setiap laporan kasus.

“Hanya dengan melihat dari HP android atau Ios, dengan mengklik situs polrestadepok.skckonline.id untuk SKCK Online sedangkan SIP Online yaitu www.sipdepok.com,”tambah perwira jebolan Akpol 1996 ini.

Inovasi Baru Polri
Dalam perlayanan khususnya Kota Depok, menurut Deputi Pelayanan Publik Kemenpan, Prof Diah Natalisa mengatakan pihaknya mengapresiasi dua program terbaru diiniasj Polresta Depok sendiri yaitu SKCK dan SIP Online.

“Dua program pelayanan Polresta Depok yaitu SKCK dan SIP Online ini merupakan upaya dalam berbenah Polri sesuai Promoter. Konsen di SKCK ini, salah satunya dapat mengurangi keluhan masyarakat,”tutupnya.

Sedangkan Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna menambahkan pihaknya akan bersinergi dengan aplikasi keamanan yang sudab dipunya Polres yaitu Halo Polisi, Panic Button, SKCK Online, dan SIP Online bisa diterapka  dengan aplikasi online yang telah berjalan di pemerintahan dalam pelayanan.

“Semoga bisa bersinergi dan membantu mensosialisasikan di jajaran aplikasi pelayanan yang sudah kita punya sekarang,”tutupnya.

Sementara itu, dalam acara Launching SKCK Online dan SIP Online dihadiri calon Kapolresta Depok baru AKBP Didik, Wakapolresta Depok, PJU Polda Metro Jaya, Ketua DPRD Kota Depok, tokoh masyarakat dan pemuda serta Pokdarkamtibmas Resort Depok. (Angga/win)